Lolos ke Semifinal Euro 2020 Momen Ajaib bagi Denmark

Lucas Aditya - Sepakbola
Minggu, 04 Jul 2021 12:00 WIB
BAKU, AZERBAIJAN - JULY 03: Kasper Hjulmand, Head Coach of Denmark applauds the fans following victory in the UEFA Euro 2020 Championship Quarter-final match between Czech Republic and Denmark at Baku Olimpiya Stadionu on July 03, 2021 in Baku, Azerbaijan. (Photo by Tolga Bozoglu - Pool/Getty Images)
Kasper Hjulmand menyebut kelolosan ke semifinal Euro 2020 sebagai momen ajaib untuk Timnas Denmark. (Foto: Getty Images/Tolga Bozoglu - Pool)
Baku -

Timnas Denmark bisa melaju sampai ke babak semifinal Euro 2020. Tim Dinamit menyebutnya sebagai momen yang ajaib.

Dalam pertandingan perempatfinal Euro 2020 di Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan, Sabtu (3/7/2021) malam WIB, Denmark memetik kemenangan 2-1 atas Republik Ceko. Semua gol dari tim asuhan Kasper Hjulmand tercipta di babak pertama.

Thomas Delaney membawa Denmark unggul pada menit kelima. Di menit ke-42, Kasper Dolberg yang menggandakan keunggulan Denmark.

Ceko sempat memperkecil ketertinggalan pada menit ke-49. Patrik Schick menjadi pencetak golnya.

Hjulmand menyebut apa yang dilalui oleh Denmark sebagai keajaiban. Mereka melalu banyak momen naik turun di Euro 2020.

Pada pertandingan pertama, Denmark dihadapkan pada kolapsnya salah satu pemain penting mereka, Christian Eriksen. Dia mengalami henti jantung menjelang babak pertama duel dengan Finlandia. Denmark akhirnya kalah 0-1 dari Finlandia.

Denmark kembali kalah di laga kedua Euro 2020. Dalam pertandingan dengan Belgia, Denmark tumbang 1-2.

Kelolosan Denmark ditentukan pada pertandingan terakhir usai menang 1-4 dari Rusia. Mereka melaju ke 16 besar dengan status runner-up Grup B.

"Ini ajaib. Hal utama yang saya tunjukkan pada anak-anak saat kami pertama berjumpa adalah foto Wembley dari saat kami di sana di musim gugur. Saya bilang ahwa kami akan kembali ke sana. Itu terasa kami bermain di stadion di Denmark, karena dukungan dari para suporter kami. Kami sangat berterima kasih," kata Hjulmand di situs UEFA mengutip DR.

Eriksen menjadi bensin tambahan untuk Timnas Denmark. Hjulmand mengakui itu, dia juga selalu memikirkan Eriksen selama Denmark berlaga di Euro 2020.

"Saya jelas merasakan itu. Seluruh dunia sepakbola memahami detik itu, dan hari-hari setelahnya, hal-hal yang mendasar dalam hidup dan sepakbola, nilai-nilai yang mendasar dari sepakbola muncul di momen yang tepat," kata Hjulmand di BBC.

"Saya masih memikirkan Christian di setiap hari. Dia seharusnya ada di sini," kata dia menegaskan.

Denmark akan berhadapan dengan Inggris di semifinal Euro 2020. Inggris vs Denmark berlangsung di Wembley, London, Kamis (8/7) pada pukul 2.00 WIB.



Simak Video "11 Stadion Laga Euro 2020, Mana yang Ingin Kamu Kunjungi?"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/bay)