Lord Braithwaite Bijak Banget, Bilang Begini soal Penalti Inggris

Bayu Baskoro - Sepakbola
Kamis, 08 Jul 2021 19:10 WIB
LONDON, ENGLAND - JULY 07: Martin Braithwaite of Denmark looks dejected following his teams defeat in the UEFA Euro 2020 Championship Semi-final match between England and Denmark at Wembley Stadium on July 07, 2021 in London, England. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)
Martin Braithwaite di laga Inggris vs Denmark. (Foto: Getty Images/Laurence Griffiths)
London -

Martin Braithwaite mengomentari penalti kontroversial Inggris saat melawan Denmark. Lord Braithwaite memilih bersikap bijak dan tak menyalahkan siapa pun.

Denmark tersingkir di fase semifinal Piala Eropa 2020, Kamis (8/7/2021) dinihari WIB. Tim Dinamit takluk 1-2 dari Inggris dalam laga yang berlangsung di Stadion Wembley.

Denmark sedianya tampl impresif dan mampu unggul lebih dulu via gol Mikkel Damsgaard pada menit ke-30. Inggris berhasil menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Simon Kjaer sembilan menit kemudian. Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal berakhir dan dilanjut ke babak tambahan.

Kontroversi mencuat ketika wasit memberi hadiah penalti ke Inggris pada menit ke-104. Penyebabnya? Raheem Sterling terjatuh di kotak terlarang saat menghadapi dua pemain Denmark, Joakim Maehle dan Mathias Jensen.

Tim Denmark melakukan protes dan menganggap tidak ada kontak yang terjadi kepada Sterling. Namun, wasit tidak bergeming dan tetap memberi hadiah tendangan 12 pas kepada Inggris.

Harry Kane yang maju sebagai eksekutor Inggris berhasil menceploskan bola ke gawang, usai memanfaatkan bola rebound yang ditepis Kasper Schmeichel. Skor 2-1 untuk The Three Lions bertahan hingga laga tuntas.

LONDON, ENGLAND - JULY 07: Raheem Sterling of England is fouled by Mathias Jensen of Denmark inside the penalty area, leading to England being awarded a penalty during the UEFA Euro 2020 Championship Semi-final match between England and Denmark at Wembley Stadium on July 07, 2021 in London, England. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)Raheem Sterling saat terjatuh di kotak penalti Denmark. (Foto: Getty Images/Catherine Ivill)

Keberhasilan Inggris menyingkirkan Denmark berkat hadiah penalti kontroversial membuat geram berbagai pihak. Kasper Hjulmand, pelatih Tim Dinamit, kecewa betul timnya disingkirkan dengan cara seperti itu.

Legenda Timnas Jerman, Dietmarr Hamann, bahkan menuding Sterling diving di kotak penalti. Eks pemain Liverpool itu bersimpati dengan Denmark yang harus angkat koper lantaran keputusan yang tak adil.

Martin Braithwaite justru punya sikap beda mengenai penalti Inggris. Bomber Denmark itu memilih legowo dan mengapresiasi perjuangan timnya yang mampu menembus fase semifinal Euro 2020.

"Kami harus menerimanya. Kami bangga, tapi juga sangat kecewa dengan apa yang terjadi. Saya tidak berpikir itu adil sepenuhnya, tapi saya harus berhati-hati dengan apa yang saya ucapkan," kata Braithwaite, dikutip dari Mundo Deportivo.

"Tidak ada yang harus disalahkan, seharusnya enggak ada penalti dan keputusan itu diambil secara kasar. Kami tidak tahu apakah itu melewati Maehle atau Mathias, tapi yang jelas Maehle tampil fantastis di turnamen ini dan itu yang akan diingat," sambungnya.

"Saya kecewa sih, tapi kami sudah mendapatkan banyak pengalaman luar biasa dan kami bersyukur dengan dukungan yang kami terima. Itu sangat menyentuh dan menjadi sesuatu yang belum pernah kami alami sebelumnya," demikian kata Martin Braithwaite.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini

(bay/krs)