VAR Tak Bereaksi Saat Wasit Kasih Inggris Penalti? Wenger pun Heran

Kris Fathoni W - Sepakbola
Kamis, 08 Jul 2021 17:05 WIB
LONDON, ENGLAND - JULY 07: Raheem Sterling of England is fouled by Mathias Jensen of Denmark inside the penalty area, leading to England being awarded a penalty during the UEFA Euro 2020 Championship Semi-final match between England and Denmark at Wembley Stadium on July 07, 2021 in London, England. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Saat Sterling jatuh dan Inggris kemudian mendapat tendangan penalti dari wasit. Foto: Getty Images/Catherine Ivill
Jakarta -

Momen Raheem Sterling jatuh, lalu Inggris dapat penalti, masih ramai dibahas. Salah satunya tentang tidak adanya intervensi VAR dalam insiden tersebut.

Kemenangan Inggris atas Denmark ikut menghadirkan polemik tendangan penalti yang diberikan wasit Danny Makkelie asal Belanda, usai Sterling terjatuh di kotak terlarang.

Tendangan 12 pas itu pula yang pada akhirnya menentukan kelolosan tim Tiga Singa ke final Euro 2020, menyisihkan tim Dinamit Denmark. Inggris menang 2-1 di extra time.

Memang ada pula kontroversi-kontroversi lain di laga ini. Seperti bola kedua yang sempat nyelonong ke lapangan saat permainan berjalan. Atau gol Denmark dari tendangan bebas yang dipertanyakan keabsahannya. Tapi insiden Raheem Sterling paling ramai dibahas.

Dalam insiden tersebut, jatuhnya Raheem Sterling menuai perdebatan panjang. Apakah memang ada sentuhan atau bahkan pelanggaran? Atau malah Sterling diving?

Pertanyaan bertambah karena VAR tidak terlihat mengintervensi keputusan wasit untuk menganggap sudah Sterling dilanggar oleh pemain Denmark sehingga Inggris berhak dapat penalti. Sudah begitu, wasit juga tidak memperlihatkan gelagat hendak mengecek VAR.

England's Raheem Sterling, left, is fouled by Denmark's Mathias Jensen and a penalty is awarded during the Euro 2020 soccer semifinal match between England and Denmark at Wembley stadium in London, Wednesday, July 7, 2021. (Laurence Griffiths/Pool Photo via AP)Momen Raheem Sterling akan terjatuh saat sedang berebut bola dengan pemain Denmark, yang berujung pada tendangan penalti untuk Inggris. Foto: Laurence Griffiths/Pool Photo via AP

Hal itulah yang kemudian jadi sorotan mantan manajer legendaris Arsenal, Arsene Wenger. Le Professeur, demikian julukan pria asal Prancis itu, mengawali opininya dengan menyebut bahwa semestinya Inggris tak dapat penalti.

"Tak ada penalti," ucap Wenger di studio beIN Sport yang dilansir Sportbible.

"Saya tak mengerti kenapa VAR tidak menginformasikan wasit untuk mengeceknya. Dalam situasi seperti itu, wasit harus benar-benar yakin," ujarnya soal insiden Raheem Sterling jatuh itu.

(krs/bay)