Euro 2020: Ronaldo Top Skor, Donnarumma Pemain Terbaik

Randy Prasatya - Sepakbola
Senin, 12 Jul 2021 06:20 WIB
Jakarta -

Cristiano Ronaldo keluar sebagai top skor Euro 2020. Gianluigi Donnarumma dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Euro 2020 diakhiri dengan laga Italia vs Inggris di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Kedua tim bermain imbang 1-1 sampai extra time dan pemenang ditentukan lewat adu penalti dengan Italia keluar sebagai juara.

Donnarumma, yang tampil apik dalam adu penalti, dinobatkan sebagai pemain terbaik selama turnamen Euro 2020. Dia juga sebelumnya tak kebobolan selama fase grup dan cemerlang di adu penalti melawan Spanyol.

Ronaldo pada ajang ini dinobatkan sebagai top skor dengan lima gol, meski timnya sudah tersingkir sejak babak 16 besar. Striker Republik Ceko, Schick, juga mencatatkan lima gol setelah timnya melaju sampai perempatfinal.

Meski punya catatan gol yang sama dengan Schick, Ronaldo lebih berhak mendapatkan trofi sepatu emas. Hal itu dikarenakan ada satu assist yang dikemas Ronaldo dan Schick tidak punya.

Ronaldo juga tercatat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang ajang Euro. Pemain berusia 36 tahun itu tahun itu mengemas 14 gol dari lima edisi Euro.

Bagi Italia, ini adalah galar juara Euro yang kedua setelah sebelumnya didapat pada 1968. Inggris masih puas gelar di ajang ini meski untuk pertama kalinya bisa merasakan injak kaki di final.

(ran/pur)