CR7 di Euro 2020: Top Skor tapi Portugal Keok di 16 Besar

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 12 Jul 2021 20:38 WIB
SEVILLE, SPAIN - JUNE 27: Cristiano Ronaldo of Portugal reacts during the UEFA Euro 2020 Championship Round of 16 match between Belgium and Portugal at Estadio La Cartuja on June 27, 2021 in Seville, Spain. (Photo by Thanassis Stavrakis - Pool/UEFA via Getty Images)
Cristiano Ronaldo jadi top scorer Euro 2020, tapi timnya cepat keok (Getty Images/Thanassis Stavrakis - Pool)
London -

Cristiano Ronaldo memang jadi top skor Euro 2020. Tapi, ada catatan buruk mengiringi pencapaian oke Ronaldo tersebut. Apa?

Ronaldo gagal membawa Portugal melaju jauh di Piala Eropa. Sebagai juara bertahan, langkah Selecao Das Quinas berhenti di babak 16 besar setelah dikalahkan Belgia 0-1.

Hasil yang mengecewakan mengingat Portugal sejatinya adalah unggulan utama di turnamen ini bersama Prancis, Belgia dan Jerman. Performa pas-pasan di fase grup karena cuma menang sekali dan seri dua kali jadi alasan.

Apalagi Portugal juga membawa titel juara UEFA Nations League yang diraihnya pada 2019. Meski demikian, Ronaldo mendapa hadiah hiburan di akhir Euro 2020.

Pesepakbola 36 tahun itu dinobatkan sebagai top skor dengan lima gol, tiga di antaranya dari titik putih. Meski golnya sama dengan penyerang Republik Ceko, Patrik Schick, Cristiano Ronaldo punya satu assist.

Bagi Ronaldo, ini adalah pencapaian mantap di kariernya karena untuk pertama kalinya jadi pemain tertajam di turnamen besar. Ronaldo jadi pemain Portugal kedua yang melakukannya setelah Eusebio pada Piala Dunia 1966 dengan sembilan gol.

Meski demikian, ada catatan buruk yang mengiring torehan gelar sepatu emas Piala Eropa 2020 Ronaldo. Ya, Ronaldo jadi top scorer pertama yang timnya gagal menang atau melaju jauh di babak gugur sejak pertama kali diperkenalkan pada 1980.

Sebab, selama ini tidak ada peraih Sepatu Emas di Piala Dunia maupun Piala Eropa yang timnya gagal menang di babak gugur. Sayangnya, Cristiano Ronaldo yang jadi pemain perdana yang membukukan catatan negatif tersebut.

(mrp/krs)