Kisruh Transfer Joao Mario, Inter Hindari Bayar Sporting?

Putra Rusdi K - Sepakbola
Rabu, 14 Jul 2021 18:49 WIB
MILAN, ITALY - SEPTEMBER 10:  Joao Mario of FC Internazionale Milano looks on during the Serie A match between FC Internazionale and Spal at Stadio Giuseppe Meazza on September 10, 2017 in Milan, Italy.  (Photo by Emilio Andreoli/Getty Images )
Inter Milan dianggap mengakali Sporting CP dengan melepas Joao Mario ke Benfica secara free transfer (Foto: Emilio Andreoli/Getty Images)
Lisbon -

Keputusan Inter Milan melepas Joao Mario free transfer ke Benfica berbuntut panjang. Hal itu dinilai trik Inter menghindari membayar kompensasi ke Sporting CP.

Inter baru saja melepas Joao Mario dengan status bebas transfer. Kedua pihak sepakat memutus kerja sama meski kontrak pemain asal Portugal ini seharusnya baru akan berakhir pada 2022.

Usai berstatus free transfer, Mario kemudian merapat ke Benfica. Kepindahan Mario ke Benfica secara free transfer membuat pihak Sporting geram.

Ini karena Inter saat merekrut Mario dari Sporting pada 2016 menyertakan klausul takkan menjual pemain 28 tahun ini ke sesama tim Portugal. Jika hal tersebut dilakukan Inter, Sporting akan mendapat uang kompensasi sebesar 30 juta euro.

Sporting menilai keputusan Inter melepas Mario secara free transfer adalah trik Nerazzurri untuk menghindari membayar uang kompensasi tersebut. Sporting sudah bersiap mengajukan tuntutan hukum kepada Inter.

"Inter menolak proposal dari kami, mereka membatalkan kontrak dengan Joao Mario untuk membuatnya menandatangani kontrak dengan Benfica," bunyi pernyataan di situs resmi Sporting.

"Kami yakin ini adalah solusi yang digunakan mereka untuk menghindari klausul yang ditandatangani pada 2016. Kami akan membela kepentingan klub dan menuntut ganti rugi yang disebabkan oleh pelanggaran perjanjian ini."

"Pada 2016, Inter dan Joao Mario memiliki klausul untuk membayar tambahan 30 juta euro jika dijual ke klub Portugal lainnya."

Inter tak tinggal diam menanggapi ancaman dari Sporting tersebut. Mereka menilai tuduhan Sporting mengada-ada.

"FC Internazionale Milano mengetahui pernyataan yang dirilis ke media oleh Sporting Clube de Portugal. Komentar tersebut tidak dapat diterima, sangat serius dan - yang terpenting - tanpa dasar kebenaran," bunyi pernyataan Inter.

"Klub akan melindungi citra dan reputasinya di forum yang sesuai."

(pur/krs)