Pedri yang Supersibuk Perlu Dijaga Baik-baik

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Jumat, 23 Jul 2021 13:23 WIB
Spains Pedri Gonzalez walks off the field as Egypts Mahmoud El Wench kneels at the end of their 0-0 draw during a mens soccer match at the 2020 Summer Olympics, Thursday, July 22, 2021, in Sapporo, Japan. (AP Photo/SIlvia Izquierdo)
Gelandang Barcelona dan Spanyol, Pedri, masih berkompetisi di musim panas ini dengan tampil di Euro 2020 dan Olimpiade Tokyo (Foto: AP/SIlvia Izquierdo)
Jakarta -

Pedri menjalani satu tahun yang sangat sibuk sejak awal musim 2020/2021 lalu. Gelandang milik Barcelona itu masih berkompetisi pada musim panas ini.

Baru direkrut dari Las Palmas pada musim panas 2020, Pedri langsung jadi andalan Ronald Koeman di lini tengah Barcelona bersama Sergio Busquets dan Frenkie de Jong. Dia tampil 37 kali di LaLiga 2020/2021 dan cuma diistirahatkan di pekan terakhir yang sudah tak menentukan. Secara keseluruhan, dia tampil 52 kali bersama Blaugrana di semua kompetisi.

Meroketnya performa Pedri kemudian membuatnya dipanggil oleh Luis Enrique untuk memperkuat Spanyol di Euro 2020. Pemain berusia 18 tahun itu selalu diturunkan sebagai starter sejak fase grup hingga semifinal dan baru ditarik keluar sebelum adu penalti melawan Italia.

Tersingkirnya Spanyol dari Euro 2020 tak lantas membuat musim Pedri berakhir. Dia kemudian juga masuk ke skuad Spanyol yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020.

Terpilihnya Pedri untuk membela Spanyol di Olimpiade sempat membuat pelatih Barcelona, Ronald Koeman, khawatir. Pelatih asal Belanda itu maunya Pedri istirahat saja setelah tampil di Euro 2020.

Kekhawatiran Koeman bukan tanpa alasan. Menurut laporan Marca, jika ditotal sampai sebelum Olimpiade, Pedri sudah memainkan 65 pertandingan sejak 3 September 2020, baik bersama Barcelona dan timnas Spanyol. Itu berarti Pedri rata-rata harus bertanding setiap lima hari dalam 321 hari terakhir!

Tak cuma bertanding, Pedri juga harus bepergian menempuh jarak yang tidak dekat. Sebelum ke Tokyo, dia melawat ke beberapa negara Eropa seperti Denmark, Rusia, dan Inggris selama membela Spanyol di Euro 2020.

Apakah Pedri akan dapat libur musim panas akan ditentukan oleh langkah Spanyol di Olimpiade. Jika Spanyol menembus final, maka Pedri akan tetap di Jepang sampai 7 Agustus.

Situasi itu bisa menyulitkan Ronald Koeman jelang musim 2021/2022. Barcelona akan memulai LaLiga sepekan kemudian pada tanggal 15 Agustus.

"Kami harus memantau apakah kami bisa mengistirahatkan dia sebelum pertandingan pertama kami di liga," ujar Koeman seperti dilansir Sport beberapa waktu lalu.

"Seperti yang dikatakan Pep Guardiola, bermain di dua turnamen dalam satu musim panas itu terlalu berlebihan, tapi kami tidak bisa melakukan apa-apa."

Belakangan foto Pedri dengan wajah yang tampak kelelahan viral di media sosial. Itu terlihat jelang laga Mesir vs Spanyol di Olimpiade, Kamis (22/7/2021).



Pedri cuma punya dua pekan libur di sepanjang musim panas sebelum tampil di Euro 2020. Itu dikarenakan dia diistirahatkan di pekan terakhir LaLiga musim lalu.

"Saya memahami kegembiraan pemain, tapi kalender sangat padat dan kami harus hati-hati," ucap Koeman soal Pedri.

(nds/cas)