Louis van Gaal Latih Timnas Belanda Lagi

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Rabu, 04 Agu 2021 17:03 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - NOVEMBER 21:  Louis van Gaal looks on prior to the UEFA Champions League group F match between Manchester City and Feyenoord at Etihad Stadium on November 21, 2017 in Manchester, United Kingdom.  (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)
Louis van Gaal kembali diangkat sebagai pelatih tim nasional Belanda (Foto: Getty Images/Laurence Griffiths)
Jakarta -

Louis van Gaal kembali ditunjuk untuk menangani tim nasional Belanda. Ini jadi ketiga kalinya Van Gaal diangkat sebagai pelatih Oranje.

Kursi pelatih timnas Belanda kosong setelah Frank de Boer meninggalkan posisinya usai Euro 2020. De Boer dan timnas Belanda pisah jalan setelah gagal di Euro 2020 dengan tersingkir di babak 16 besar.

Untuk menggantikan De Boer, KNVB menunjuk Louis van Gaal. Pria 69 tahun itu dikontrak untuk menangani timnas Belanda sampai putaran final Piala Dunia 2022.

"Sepakbola Belanda selalu ada di hati saya dan melatih tim nasional adalah, menurut saya, posisi kunci untuk memajukan sepakbola kita. Lebih-lebih saya menganggapnya sebagai sebuah kehormatan," ujar Van Gaal seperti dilansir Guardian.

Pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 akan jadi tugas pertama Louis van Gaal bersama timnas Belanda. Oranje yang tergabung di Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa akan tandang ke Norwegia pada 1 September.

"Waktunya singkat menuju ke pertandingan kualifikasi berikutnya, yang krusial untuk kelolosan ke Piala Dunia," ucap Van Gaal.

"Oleh karena itu, fokusnya langsung 100 persen ke para pemain dan pendekatan. Bagaimanapun saya ditunjuk untuk itu," kata mantan manajer Manchester United itu.

Louis van Gaal sebelumnya pernah menangani timnas Belanda pada 2000-2002 dan 2012-2014. Dia mengantar Belanda finis di peringkat ketiga di Piala Dunia 2014.

(nds/aff)