Ronaldo Sampai Griezmann, Deretan Pemain yang CLBK di Musim Panas

Randy Prasatya - Sepakbola
Kamis, 02 Sep 2021 11:25 WIB
Jakarta -

Bursa transfer musim panas 2021 telah tutup. Banyak pemain yang ternyata kembali ke pelukan klub lamanya.

Bursa transfer telah ditutup pada akhir Agustus. Aktivitas belanja klub-klub terbilang cukup banyak kejutan.

Salah satunya adalah keputusan Barcelona tidak memperpanjang kontrak Lionel Messi karena masalah keuangan. Blaugrana akhirnya harus merelakan pemain andalannya itu pergi secara cuma-cuma ke Paris Saint-Germain.

Pun ada yang lebih menarik dari kegiatan transfer pemain pada musim panas tahun itu, yakni banyaknya pemain yang kembali ke klub lamanya. Di mulai dari Romelu Lukaku yang pindah ke Chelsea dari Inter Milan.

Nerazzurri terpaksa melepas Lukaku demi memperbaiki keuangan klub. Chelsea kemudian datang untuk membeli dan Lukaku sangat antusias dengan hal itu.

LONDON, ENGLAND - AUGUST 22: Romelu Lukaku of Chelsea celebrates after scoring their side's first goal during the Premier League match between Arsenal and Chelsea at Emirates Stadium on August 22, 2021 in London, England. (Photo by Michael Regan/Getty Images)Romelu Lukaku kembali berseragam Chelsea (Getty Images/Michael Regan)

Chelsea adalah klub profesional pertama Lukaku di luar Belgia. Dia pertama kali bergabung pada 2011, namun gagal bersinar hingga harus dipinjamkan dan kemudian dijual ke Everton.

Hal yang paling menggemparkan dunia adalah kembalinya Cristiano Ronaldo ke Manchester United. Bintang asal Portugal itu sebelumnya santer dikaitkan dengan Manchester City setelah tak mau lagi lanjut di Juventus.

Mendengar hal itu, para legenda Man United ternyata tak senang dan langsung mengontak Ronaldo. Sir Alex Ferguson turut andil melarang Ronaldo ke Etihad Stadium dan akhirnya bisa kembali pulang ke Old Trafford selaku klub yang membesarkan namanya.

Cristiano Ronaldo mengenakan seragam anyar Manchester United di Manchester, Selasa 31 Agustus 2021.Cristiano Ronaldo mengenakan seragam anyar Manchester United (dok. Manchester United)

Kepergian Ronaldo ke Manchester United membuat Moise Kean juga kembali pulang ke Juventus. Striker muda Italia itu dipinjam Juventus dari Everton selama dua musim.

Kean memulai karier profesionalnya di Juventus. Dia kemudian dijual ke Everton, namun gagal bersinar dan sempat dipinjamkan ke Paris Saint-Germain.

Antoine Griezmann juga balik ke Atletico Madrid. Striker asal Prancis itu dipinjamkan Barcelona demi mengakali keuangan klub yang sedang hancur-hancuran.

Griezmann juga dinilai kurang oke selama berkostum Barcelona. Buntutnya, Cules kesal dan kerap mencemooh Griezmann yang dianggap main jelek.

Masih banyak lagi sebetulnya para pemain yang pergi kemudian kembali. Seperti halnya Brahim Diaz dan Fikayo Tomori yang akhirnya berseragam AC Milan lagi, sampai Martin Odegaard kembali ke Arsenal.

(ran/krs)