Pertama dalam 28 Tahun, Spanyol Kalah di Kualifikasi Piala Dunia

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Jumat, 03 Sep 2021 07:30 WIB
Spains Sergio Busquets, left, and Aymeric Laporte, right, fight for the ball with Swedens Emil Forsberg, center, during the World Cup 2022, group B soccer match between Sweden and Spain at Friends Arena, in Stockholm, Sweden, Thursday, Sept. 2, 2021. (Nils Petter Nilsson/TT via AP)
Spanyol dikalahkan Swedia 1-2 di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (Foto: AP/Nils Petter Nilsson)
Stockholm -

Spanyol dikalahkan Swedia di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Ini jadi kekalahan pertama Spanyol di kualifikasi Piala Dunia sejak 1993.

Spanyol menghadap Swedia di Friends Arena pada laga Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022, Jumat (3/9/2021) dini hari WIB. La Furia Roja harus mengakui keunggulan tim tuan rumah dengan skor 1-2.

Spanyol sempat unggul lebih dulu lewat gol Carlos Soler di menit keempat. Swedia kemudian membalikkan keadaan lewat gol Alexander Isak dan Victor Claesson.

Menurut catatan Opta, ini jadi kekalahan pertama Spanyol di kualifikasi Piala Dunia dalam 28 tahun. Terakhir kali mereka kalah di kualifikasi Piala Dunia adalah pada Maret 1993 dengan skor 0-1 dari Denmark.

Kekalahan itu mengakhiri laju tak terkalahkan Spanyol dalam 66 laga kualifikasi Piala Dunia. Mereka mencatatkan 52 kemenangan dan 14 hasil imbang dalam laju itu.

"Kami kalah dalam terlalu banyak duel dan mereka menghasilkan lebih banyak transisi," ujar pelatih Spanyol Luis Enrique kepada TV3 seperti dilansir Football Espana.

"Kami mencoba mengganti pemain dan menghasilkan lebih banyak ancaman. Itu bukan pertandingan yang jelek, kami punya ambisi dan menciptakan banyak peluang, tapi kami terlalu sering kalah dalam duel di lapangan tengah. Dengan transisi yang mereka lakukan menyulitkan kami

"Sekarang Swedia ada di posisi pertama dan kami harus bereaksi," kata Enrique.

Akibat kekalahan ini, Spanyol tertahan di peringkat kedua klasemen Grup B dengan tujuh poin dari empat pertandingan. Sementara Swedia memimpin dengan sembilan poin dari tiga laga.

Spanyol selanjutnya akan menghadapi Georgia di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Senin (6/9/2021) dini hari WIB.

(nds/pur)