Brasil Vs Argentina Ditunda, Scaloni Enggan Cari Kambing Hitam

Bayu Baskoro - Sepakbola
Senin, 06 Sep 2021 08:03 WIB
Sao Paulo -

Empat pemain Timnas Argentina melanggar aturan karantina saat bertanding di Brasil. Pelatih Tim Tango, Lionel Scaloni, enggan mencari kambing hitam.

Argentina melakoni laga tandang kontra Brasil dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL. Pertandingan digelar di Arena Corinthians, Senin (6/9/2021) dini hari WIB.

Lima menit pertandingan berjalan, terjadi insiden di luar dugaan. Otoritas kesehatan Brasil (Anvisa) dan kepolisian setempat memasuki lapangan dan meminta pertandingan segera dihentikan.

Kejadian tersebut membuat kedua kesebelasan kebingungan, hingga akhirnya skuad Argentina diminta untuk kembali ke ruang ganti. Wasit pun menghentikan sementara pertandingan.

Anvisa dan kepolisian Brasil menghentikan jalannya pertandingan Brasil vs Argentina lantaran adanya pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan tim tamu. Empat pemain Albiceleste dinilai berbohong demi menghindari karantina wajib untuk para pendatang yang tiba dari Inggris.

Meski tidak disebutkan namanya, tapi ada empat pemain Argentina yang membela klub Premier League dan ikut dalam rombongan ke Brasil. Keempatnya yakni Emiliano Martinez, Emiliano Buendia, Giovani Lo Celso, serta Cristian Romero.

Setelah skuad Argentina ditarik ke luar lapangan, CONMEBOL selaku federasi sepakbola tertinggi di Amerika Selatan memutuskan menunda duel kali ini. Di satu sisi, CONMEBOL belum memastikan kapan pertandingan akan dilanjutkan kembali.

Penangguhan duel Brasil vs Argentina disambut negatif Lionel Scaloni. Dia kecewa dengan apa yang terjadi, tapi menolak menyalahkan siapa pun atas kejadian ini.

"Saya tidak mencari pelakunya. Jika sesuatu terjadi atau tidak terjadi, itu bukan saatnya untuk melakukan intervensi tersebut," kata Scaloni, dilansir dari BBC.

"Seharusnya ini menjadi pesta untuk semua orang yang ingin menikmati pemain-pemain terbaik dunia. Saya mau masyarakat Argentina memahami bahwa saya sebagai pelatih harus membela pemain-pemain saya," sambungnya.

"Kami tidak pernah diberi tahu bahwa mereka tidak dapat memainkan pertandingan. Kami ingin bertanding di laga tersebut, demikian juga para pemain Brasil," demikian kata Lionel Scaloni.

(bay/rin)