Klausul Unik Neymar di PSG: Berlaku Baik, Dapat Bonus Rp 109,6 Miliar

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 06 Sep 2021 16:40 WIB
Paris Saint-Germains Brazilian forward Neymar gestures during the French L1 football match between Stade de Reims and Paris Saint-Germain at the Auguste Delaune Stadium in Reims on August 29, 2021. (Photo by FRANCK FIFE / AFP)
Neymar terikat dengan PSG hingga 2025. Foto: AFP/FRANCK FIFE
Paris -

Neymar ternyata memiliki klausul kontrak yang unik di Paris Saint-Germain. Penyerang Brasil itu berhak atas bonus yang nilainya lebih dari 109 miliar Rupiah per tahun jika mampu berkelakuan baik.

Klausul yang tak biasa memang lumrah ditemui dalam kontrak kerja para pesepakbola, terutama untuk para pemain bintang. Klausul tersebut bisa diajukan sang pemain ataupun pihak klub.

Hal ini juga ditemui dalam kontrak Neymar, sang pemain termahal di dunia yang sudah berseragam PSG sejak musim panas 2017. Laporan terbaru dari El Mundo dan dikutip Marca, terdapat klausul yang disebut sebagai 'bonus berperilaku baik' di kontrak pemain 29 tahun itu.

Apa sih bonus berperilaku baik itu? Jenisnya bermacam-macam, namun intinya adalah Neymar tak boleh memberi kesan buruk kepada PSG.

Neymar wajib bersikap ramah, tepat waktu, sopan, dan tersedia untuk para suporter. Ia juga diwajibkan menyapa serta berterima kasih kepada para fans sebelum dan sesudah pertandingan, yang mana berlaku di setiap laga.

Aturan lainnya, Neymar dilarang secara terbuka mengkritik opsi taktik yang diterapkan pelatih. Ia juga tak boleh mengkritik klub, orang-orang yang bekerja di klub, dan juga para suporter klub.

Jika Neymar bisa memenuhi klausul tersebut, maka ia akan menerima bonus kotor per bulan sebesar 541.680 Euro, atau sekitar Rp 9,135 miliar. Dikali 12 bulan, maka ia akan memperoleh 6.500.160 Euro, atau sekitar Rp 109,6 miliar.

Sekilas, hal ini terlihat mengherankan, mengingat bersikap baik kepada fans normalnya wajib dilakukan setiap pemain klub manapun, namun bisa dimaklumi jika melihat sosok Neymar.

Sebagai seorang superstar lapangan hijau, setiap gerak-gerik Neymar di ruang publik pastinya akan disorot. Sikapnya di dalam dan luar lapangan jelas akan berdampak pada PSG, entah itu baik atau buruk.

Ia juga bisa menarik banyak fans untuk klub, yang akan berdampak pula untuk pemasukan klub. Namun jika ia berlaku buruk, bukan tak mungkin nantinya klub akan ikut ditinggalkan suporter.

Lihat juga video 'Neymar Cetak Gol, Brasil Menang di Laga Perdana Copa America':

[Gambas:Video 20detik]



(adp/aff)