Gelandang Juventus Weston McKennie Dicoret Timnas AS Usai Langgar Prokes

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 07 Sep 2021 21:45 WIB
SAN SALVADOR, EL SALVADOR - SEPTEMBER 02: Weston McKennie (L) of the United States and Alex Roldan of El Salvador fight for the ball during a match between El Salvador and the United States as part of the CONCACAF Qualifiers for Qatar 2022 at Estadio Cuscatlán on August 2, 2021 in San Salvador, El Salvador. (Photo by Alex Peña/Getty Images)
McKennie (kiri) saat membela Timnas AS melawan El Salvador. Foto: Getty Images/Getty Images
Jakarta -

Weston McKennie dipulangkan Timnas Amerika Serikat usai melanggar protokol COVID-19. Namun rasa penasaran tetap muncul, apa yang dilakukan gelandang Juventus itu hingga akhirnya disanksi?

McKennie batal membela AS saat berhadapan dengan Kanada dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF, Senin (6/9/2021) lalu. Ia dilaporkan pulang ke Turin pada hari yang sama, sebab ia juga tak didaftarkan untuk laga melawan Honduras, Rabu (8/9).

Dalam situs resmi Federasi Sepakbola AS, McKennie hanya disebut 'melanggar kebijakan tim', tanpa dijelaskan lebih rinci. Namun dalam video yang beredar di media sosial, terekam McKennie keluar dari bus tim tanpa menggunakan masker.


Padahal, saat itu rekan-rekannya yang lain tetap memakai masker. Parahnya lagi, McKennie juga memberikan tanda tangan kepada penggemar yang ada di sana. Hal ini yang diperkirakan menjadi penyebab ia dikeluarkan dari tim.

Namun menurut legenda Timnas AS Landon Donovan, pelanggaran McKennie lebih parah dari itu.

"Saya tahu apa yang terjadi, tapi saya tak akan mengatakannya di depan publik," ujar Donovan dalam podcast Futbol with Grant Wahl, dikutip Football Italia.

"Saya hanya akan bilang saya betul-betul kecewa dengan Weston. Saya paham dia berada di Juventus untuk musim yang panjang, duduk di rumah saja selama berbulan-bulan, dan kamu ingin mengundang orang datang. Apakah itu hal yang pantas dilakukan? Tidak, tapi saya memahami kondisinya."

"Ini adalah pekan terbesar di hidupmu, dengan tiga laga menanti. Tak cuma untuk dirimu, tapi juga rekan-rekan setim dan negaramu untuk menuju Piala Dunia. Level keegoisan ini betul-betul di luar pikiran saya. Serius, ini betul-betul di luar pikiran saya."

"Situasinya nyaris tak bisa diperbaiki, dan banyak yang harus dia lakukan untuk rekan-rekan setimnya, memastikan hal serupa tak terjadi lagi, sebab dia kehilangan rasa percaya dari rekan-rekannya. Mereka kan mau lolos ke Piala Dunia," jelas Donovan soal McKennie.

(adp/adp)