Griezmann Samai Catatan Gol Platini

Randy Prasatya - Sepakbola
Rabu, 08 Sep 2021 04:24 WIB
Jakarta -

Antoine Griezmann menyumbang dua gol saat Prancis mengalahkan Finlandia. Striker Atletico Madrid tersebut untuk saat ini menyamai catatan gol Michel Platini.

Prancis bertemu Finlandia dalam lanjutan Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2020 di Parc Olympique Lyonnais, Rabu (8/9/2021) dini hari WIB. Juara Piala Dunia 2018 ini memetik kemenangan 2-0 lewat sepasang gol Antoine Griezmann.

Les Blues membuka skor 1-0 di menit ke-25. Antoine Griezmann menerima bola umpan dari Karim Benzema untuk kemudian melepaskan tembakan dengan punggung kaki di kotak penalti.

Griezmann membawa Prancis unggul 2-0 di babak kedua atau tepatnya pada menit ke-54. Menerima umpan Leo Dubois, Griezmann lalu menggiring bola ke sudut gawang dan melepaskan tembakan dari sisi yang sangat sempit.

Tambahan dua gol itu membuat nama Griezmann masuk di urutan tiga besar pencetak gol terbanyak untuk Timnas Prancis. Griezmann untuk saat ini menorehkan 41 gol, menyamai catatan milik Platini selaku legenda sepakbola Prancis.

Griezmann butuh 10 gol lagi untuk menyamai Thierry Henry selaku pencetak gol sepanjang masa Prancis. Lima gol lagi menyamai catatan milik Olivier Giroud.

Griezmann sebetulnya nyaris membuat hat-trick di menit ke-59. Pemain Barcelona yang dipinjamkan ke Atletico Madrid itu melakukan umpan satu-dua dengan Benzema di kotak penalti dan melepaskan tembakan, namun bola masih sedikit melebar dari sasaran.

Prancis semakin mantap di puncak klasemen dengan 12 poin dari enam laga. Finlandia untuk sementara di posisi keempat dengan lima poin dari empat pertandingan, kalah selisih gol dari Ukraina dan Bosnia-Herzegovina.

Daftar Lima Besar Pencetak Gol Timnas Prancis:

RankPemainStatusGolPenampilan
1Thierry HenryPensiun51123
2Olivier GiroudAktif46110
3Michel PlatiniPensiun4172
3Antoine GriezmannAktif4196
5David TrezeguetPensiun3471
(ran/pur)