Jorginho, 'Orang Brasil' Pertama yang Jadi Kapten Italia

Adhi Prasetya - Sepakbola
Kamis, 09 Sep 2021 08:35 WIB
REGGIO NELLEMILIA, ITALY - SEPTEMBER 08:  Jorginho of Italy in action during the 2022 FIFA World Cup Qualifier match between Italy and Lithuania at Mapei Stadium - Citta del Tricolore on September 08, 2021 in Reggio nellEmilia, . (Photo by Claudio Villa/Getty Images)
Jorginho saat menjadi kapten Italia di laga melawan Lithuania. Foto: Getty Images/Claudio Villa
Reggio nell'Emilia -

Jorginho tampil sebagai kapten di laga Italia vs Lithuania. Ini menjadi debut bagi pemain 29 tahun itu, sekaligus mencatat sejarah baru.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Mapei, Kamis (9/9/2021) dini hari WIIB itu, Jorginho yang tampil sebagai starter ditunjuk sebagai kapten oleh pelatih Roberto Mancini, sebab dua kapten utama Italia, Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci memulai laga dari bangku cadangan.

Sebagai pemain paling senior sekaligus pemilik caps terbanyak di lapangan (38 kali), wajar bila Jorginho yang ditunjuk sebagai kapten, mengingat Italia turun dengan sebagian besar pemain yang caps-nya masih minim. Hanya Federico Bernardeschi dan Gianluigi Donnarumma yang sama-sama sudah tampil lebih dari 30 kali.

Dipilihnya Jorginho menjadi sejarah sendiri bagi sepakbola Italia. Ia menjadi oriundi pertama sejak 1960 yang menjabat sebagai kapten Gli Azzurri. Gelandang Chelsea itu juga menjadi orang kedua yang bisa melakukannya.

Sebelumnya, mendiang Miguel Angel Montuori (1932-1998) merupakan oriundi pertama dan satu-satunya yang pernah menjadi kapten Italia. Dikutip Football Italia, Montuori yang lahir di Argentina itu melakukannya di dua laga persahabatan, yakni melawan Spanyol pada Februari 1959 dan Swiss pada Januari 1960.

Dipercayanya Jorginho sebagai kapten semakin menegaskan sikap Mancini yang tak lagi anti-oriundi, seperti yang ia tunjukkan pada 2015 lalu. Saat Italia menjuarai Euro 2020 pada Juli lalu, ada 3 oriundi yang tercatat dalam skuadnya, yakni Jorginho, Rafael Toloi, dan Emerson Palmieri. Ketiganya lahir di Brasil.

*) Oriundi = sebutan populer untuk orang yang tak lahir di Italia, namun memiliki garis keturunan Italia dan memutuskan membela Timnas Italia

(adp/bay)