Messi Pecahkan Rekor Pele, Jadi Raja Gol Terbanyak di Amerika Selatan

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 10 Sep 2021 11:00 WIB
BUENOS AIRES, ARGENTINA - SEPTEMBER 09: Lionel Messi of Argentina celebrates after scoring the opening goal during a match between Argentina and Bolivia as part of South American Qualifiers for Qatar 2022 at Estadio Monumental Antonio Vespucio Liberti on September 09, 2021 in Buenos Aires, Argentina. (Photo by Juan I. Roncoroni - Pool/Getty Images)
Messi mencatat hat-trick ke gawang Bolivia, sekaligus melewati rekor gol Pele. Foto: Getty Images/Pool
Buenos Aires -

Lionel Messi mencatat rekor baru usai mencetak hat-trick ke gawang Bolivia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Ia kini menjadi pencetak gol terbanyak di level timnas seantero Amerika Selatan.

Bermain di Buenos Aires, Jumat (10/9) pagi WIB, Messi menjadi inspirator kemenangan 3-0 milik Argentina dalam perjuangan lolos ke Qatar tahun depan. Pertahanan Bolivia dibuat kocar-kacir oleh pergerakan penyerang anyar Paris Saint-Germain itu.

Gol pertama di menit ke-14 terjadi lewat tembakan jarak jauh, setelah sebelumnya Messi menggocek satu pemain Bolivia.

Pada gol kedua di menit ke-65, prosesnya lebih menawan, sebab ia bekerja sama dengan Lautaro Martinez melakukan umpan satu-dua untuk mengelabui 6 pemain outfield Bolivia, dan kemudian menaklukkan kiper Carlos Lampe.

Messi akhirnya mencetak hat-trick di pengujung babak kedua, memanfaatkan bola liar tembakan Leandro Paredes yang ditepis oleh Lampe. Ini merupakan hat-trick ketujuh Messi selama berseragam Argentina.

Namun ada rekor baru yang tercipta di laga ini. Tambahan tiga gol tersebut membuatnya melewati catatan gol Pele sebagai pencetak gol terbanyak untuk timnas di kawasan Amerika Latin.

Selama 50 tahun, catatan Pele yang mencetak 77 gol bersama Brasil tak pernah tersentuh siapapun, termasuk oleh pemain-pemain sekaliber Ronaldo Luís Nazário de Lima atau Gabriel Batistuta. Namun Messi akhirnya berhasil memecahkan rekor tersebut di laga ini dengan 79 gol.

Di usianya yang sudah 34 tahun, waktu Messi untuk membela Argentina diperkirakan akan usai selepas Piala Dunia 2022. Namun hingga saat itu tiba, ia masih bisa mencetak beberapa gol lagi untuk mempertajam rekornya tersebut.

(adp/ran)