Sanksi 48 Laga buat Pesepakbola yang Tanduk Lawan Sampai Masuk RS

Kris Fathoni W - Sepakbola
Kamis, 23 Sep 2021 16:30 WIB
Kartu merah.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Seorang pesepakbola dikenai sanksi berat larangan bermain 48 pertandingan, setelah dengan sengaja menanduk lawan sampai hidungnya patah dan masuk Rumah Sakit.

Merujuk laporan Bild, tindak kekerasan itu dilakukan Raschid Arsanukaev yang merupakan seorang pesepakbola amatir asal Rusia yang merumput di Austria.

Saat itu Arsanukaev bermain untuk FC Viktoria 62 Bregenz dalam laga melawan Gofis Satteins 1b di awal bulan ini. Pertandingan tersebut berlangsung di ajang divisi kesembilan Austria.

Di menit ke-87 laga tersebut, Raschid Arsanukaev tak terima dikartu merah wasit Romano Giovani. Kesal, ia pun dilaporkan berucap ke wasit, "akan aku tunjukkan tindakan yang layak dapat ganjaran itu."

Raschid Arsanukaev kemudian menanduk wajah seorang pemain lawan. Insiden itu, yang juga sudah dalam penyelidikan kepolisian, bikin korban dibawa ke RS untuk menjalani operasi dan diprediksi absen minimal tujuh pekan.

Selepas tandukan tersebut Raschid Arsanukaev langsung dilepas oleh klub Viktoria yang menegaskan sama sekali tidak memberi tolerensi terhadap aksi kekerasan semacam itu.

Pada prosesnya Raschid Arsanukaev dijatuhi sanksi larangan main 48 laga. Vorarlberg Football Association (VFV), yang berada di bawah Federasi Sepakbola Austria OFB, juga mengklaim sudah mempersempit ruang geraknya jika hendak main lagi.

"Kami telah menginformasi asosiasi di wilayah kami mengenai hukuman Arsanukaev. (Kami) ingin mencegahnya lolos dari hukuman ini dan bermain lagi," kata Horst Elsner dari VFV.

(krs/yna)