Italia Vs Argentina Digelar Juni 2022, Kandang Napoli Jadi Kandidat Lokasi

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 29 Sep 2021 18:15 WIB
LONDON, ENGLAND - JULY 11: Domenico Berardi and Federico Chiesa celebrate with The Henri Delaunay Trophy following their teams victory in the UEFA Euro 2020 Championship Final between Italy and England at Wembley Stadium on July 11, 2021 in London, England. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)
Italia akan menghadapi Argentina tahun depan. Foto: Getty Images/Laurence Griffiths
Jakarta -

UEFA dan CONMEBOL telah sepakat untuk mempertandingkan juara dari masing-masing konfederasi. Italia Vs Argentina akan digelar pada pertengahan tahun depan.

Italia dan Argentina baru saja meraih gelar di regional masing-masing. Argentina memenangi Copa America 2021 dengan membungkam Brasil di laga final yang berlangsung di Maracana pada 10 Juli lalu.

Sehari berselang, giliran Gli Azzurri yang menjuarai Euro 2020 lewat adu penalti dramatis 3-2, setelah hanya bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Usai Italia dan Argentina menjadi juara, sempat muncul wacana untuk mempertandingkan keduanya, melanjutkan hubungan baik yang selama ini terjalin antara UEFA dan CONMEBOL, dua konfederasi jagoan sepakbola itu.

Di masa lalu, pernah ada kompetisi Piala Interkontinental yang mempertemukan juara Liga Champions (UEFA) dan Piala Libertadores (CONMEBOL). Ajang itu berlangsung pada 1960-2004, kemudian diganti oleh FIFA menjadi Piala Dunia Antarklub.

Wacana itu akhirnya menjadi kenyataan, setelah UEFA mengkonfirmasi laga Italia vs Argentina akan digelar pada Juni 2022. Tak cuma itu, UEFA juga menegaskan bahwa laga pertemuan juara Euro dan Copa America ini akan lanjut setidaknya sampai tiga edisi.

RIO DE JANEIRO, BRAZIL - JULY 10: Lionel Messi of Argentina kisses the trophy as he celebrates with teammates after winning the final of Copa America Brazil 2021 between Brazil and Argentina at Maracana Stadium on July 10, 2021 in Rio de Janeiro, Brazil. (Photo by Alexandre Schneider/Getty Images)Argentina berhasil menjuarai Copa America lagi setelah 28 tahun lamanya. Foto: (Getty Images/Alexandre Schneider)

Mengenai tanggal dan lokasi, UEFA dan CONMEBOL belum memberi kepastian, namun Stadion Diego Armando Maradona di Naples dilaporkan menjadi salah satu kandidat.

Venue tersebut dirasa cocok, sebab lokasinya berada di Italia, namun merupakan markas Napoli, klub di mana bintang Argentina Diego Maradona diagung-agungkan.

Semasa membela Napoli, Maradona berhasil meraih dua gelar Serie A, satu Coppa Italia, dan satu Piala UEFA. Maradona juga meraih Piala Dunia 1986 dengan status sebagai pemain Napoli saat itu.

"Dengan tercapainya kesepakatan ini, UEFA dan CONMEBOL menunjukkan komitmennya terhadap pengembangan sepakbola di luar zona geografi mereka, sebagai jembatan untuk menyatukan masyarakat, negara-negara, benua-benua, dan juga ragam budaya," bunyi pernyataan resmi atas konfirmasi laga interkontinental tersebut, dikutip BBC.

"Komite Eksekutif UEFA dan Dewan CONMEBOL juga menyatakan keinginan kuat untuk terus bekerja sama terkait isu-isu lain yang menjadi kepentingan bersama di masa depan," lanjut pernyataan itu.

(adp/krs)