Italia vs Spanyol: Gli Azzurri Tak Lagi Unbeaten

Adhi Prasetya - Sepakbola
Kamis, 07 Okt 2021 05:30 WIB
Milan -

Selesai sudah perjalanan tak terkalahkan Italia di 37 laga. Tak ada angka 38, karena Spanyol berhasil memutus rekor tersebut dengan kemenangan 2-1 atas Gli Azzurri.

Bulan lalu, Italia berhasil memecahkan rekor 35 laga tak terkalahkan milik Spanyol dan Brasil. Hasil imbang 0-0 melawan Swiss di Kualifikasi Piala Dunia 2022 membuat skuad asuhan Roberto Mancini belum kalah di 36 laga.

Rekor itu kemudian dipertajam menjadi 37 laga saat Italia berpesta gol 5-0 ke gawang Lithuania beberapa hari setelahnya. Sebuah catatan yang impresif, mengingat dalam perjalanan memecahkan rekor itu mereka juga berhasil menjuarai Euro 2020.

Namun akhirnya cerita fantastis itu berakhir. Dalam laga semifinal UEFA Nations League melawan tangan tim Matador, Kamis (7/10) dini hari WIB, gladiator-gladiator Gli Azzurri habis tak berdaya.

Penguasaan bola jelas bukan hal yang bisa diharapkan ketika bertemu Spanyol. Lewat serangan balik, Italia mencoba menekan.

Tiga peluang emas setidaknya didapat di babak pertama. Tembakan dua Federico, Chiesa dan Bernardeschi, berhasil ditepis Unai Simon. Lorenzo Insigne punya peluang paling bagus di antara yang lain, namun malah melebar saat tinggal berhadapan dengan kiper.

Saat lini depan membuang-buang peluang, petaka justru hadir di lini belakang. Crossing-crossing jitu yang dilepaskan Spanyol dari sayap kiri berhasil menembus pertahanan Italia.

Ferran Torres berhasil mencetak dua gol langsung ke gawang Donnarumma, semuanya lewat sundulan. Situasi itu diperparah dengan kartu merah Leonardo Bonucci, juga siulan yang diterima Gianluigi Donnarumma dari tifosi AC Milan di stadion karena pindah ke Paris Saint-Germain di musim panas lalu.

MILAN, ITALY - OCTOBER 06: Aymeric Laporte, Cesar Azpilicueta and Sergi Roberto of Spain celebrate their side's victory after the UEFA Nations League 2021 Semi-final match between Italy and Spain at San Siro Stadium on October 06, 2021 in Milan, Italy. (Photo by Marco Bertorello - Pool/Getty Images)Para pemain Spanyol merayakan kemenangan, sementara Moise Kean (atas) tertunduk lesu. Foto: Getty Images/Pool



Meski tertinggal dua gol di babak pertama, Italia sebetulnya tak putus asa di babak kedua. Dalam situasi 10 lawan 11, Gli Azzurri tetap berusaha mengimbangi permainan Spanyol, yang bahkan tak bisa mencetak gol lagi.

Pergantian pemain yang digunakan Mancini pun menyegarkan serangan Italia. Masuknya Lorenzo Pellegrini, Davide Calabria, Manuel Locatelli, dan Moise Kean mampu membuat Sergio Busquets dkk kerepotan. Giorgio Chiellini pun dimasukkan untuk menambal lini belakang, juga mengangkat moral rekan-rekannya.

Satu gol akhirnya berhasil diciptakan Pellegrini di akhir babak kedua, hasil kerja sama brilian dengan Chiesa. Tapi itu tak cukup. Spanyol sukses melaju ke final dengan kemenangan 2-1, sementara catatan tak terkalahkan Italia terhenti di San Siro.

(adp/ran)