Jerman, Langganan Piala Dunia Sejak 1954

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Selasa, 12 Okt 2021 10:25 WIB
Jakarta -

Jerman memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 usai menang atas Makedonia Utara. Ini melanjutkan tradisi Jerman di Piala Dunia sejak 1954.

Jerman lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar usai menang 4-0 atas Makedonia Utara, Selasa (12/10/2021) dini hari WIB. Dua gol Timo Werner dan masing-masing satu gol dari Thomas Mueller dan Jamal Musiala mengantarkan Die Mannschaft kukuh di puncak klasemen Grup J.

Jerman mengoleksi 21 poin dari delapan laga, unggul jauh dari Rumania yang baru mengumpulkan 13 poin. Tim besutan Hansi Flick itu jadi tim pertama yang lolos Kualifikasi Piala Dunia 2022, alias tim kedua setelah tuan rumah Qatar yang memastikan tampil di turnamen tahun depan.

Lolosnya Jerman berarti berlanjutnya sebuah catatan. Jerman belum pernah absen dari Piala Dunia sejak 1954.

Satu-satunya negara yang bisa mengikuti jejak itu adalah Brasil. Sementara itu, Jerman juga hanya kalah dari Brasil soal jumlah penampilan di Piala Dunia.

Secara keseluruhan, Piala Dunia 2022 nanti adalah penampilan ke-20 Jerman di ajang empat tahunan itu. Sedangkan Brasil sejauh ini sudah 21 kali ambil bagian.

Paling sering tampil, Brasil dan Jerman juga merupakan negara dengan titel Piala Dunia terbanyak. Brasil memuncaki daftar dengan lima gelar, sementara Jerman ada di urutan kedua bersama Italia.

(raw/aff)