Susul Jerman, Denmark Kunci Tiket ke Piala Dunia 2022 dengan Rekor Sempurna

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 13 Okt 2021 07:30 WIB
Kopenhagen -

Denmark menyusul Jerman dan menjadi wakil Eropa kedua yang lolos ke Piala Dunia 2022. Hebatnya, Tim Dinamit sukses menyegel tiket ke Qatar berkat torehan sempurna selama kualifikasi.

Denmark sukses menumbangkan Austria 1-0 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Rabu (13/10) dini hari WIB. Gol tunggal Joakim Maehle lewat sepakan mendatar di kotak penalti pada menit ke-53 memastikan skuad asuhan Kasper Hjulmand meraup tambahan tiga poin.

Dengan hasil ini, Denmark kukuh di puncak klasemen Grup F dengan 24 poin, hasil sempurna dari 8 kemenangan. Dengan menyisakan dua laga, posisi Simon Kjaer dkk tak akan bisa lagi digeser Skotlandia yang saat ini menempati urutan kedua dengan 17 poin.

Ini menjadi keenam kalinya Denmark lolos ke Piala Dunia, sebelumnya di edisi 1986, 1998, 2002, 2010, dan 2018. Hasil ini disambut dengan gegap gempita lebih dari 38 ribu suporter yang hadir di Parken Stadium, Kopenhagen.

"Kami sudah sampai sejauh ini, tapi kami justru semakin lapar. Kami membangun tim dan mentalitas yang luar biasa sehat, dan kami selalu ingin berkembang setiap saat." ujar Kjaer kepada televisi Denmark, Kanal 5 dan dikutip BBC.

"Kami berbagi yang terbaik satu sama lain, ditambah dengan kualitas yang kami punya, kami bisa melangkah jauh," jelas kapten Denmark dan bek AC Milan itu.

Sepanjang sejarah Piala Dunia, capaian terbaik Denmark hadir di Piala Dunia 1998. Mengandalkan nama-nama seperti Peter Schmeichel, Thomas Helveg, Martin Jorgensen, hingga Laudrup bersaudara, tim asuhan Bo Johansson melaju sampai perempatfinal, sampai akhirnya ditundukkan Brasil 2-3.

Kelolosan ke Qatar ini sekaligus mempertegas kualitas Denmark sebagai tim tangguh Eropa saat ini. Sebelumnya, mereka berhasil melaju ke semifinal Piala Eropa 2020, sebelum ditekuk Inggris 1-2 lewat perpanjangan waktu.

(adp/pur)