Kualifikasi Piala Dunia 2022: Chile Sikat Venezuela 3-0

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 15 Okt 2021 09:18 WIB
SANTIAGO, CHILE - OCTOBER 14: Adalberto PeƱaranda of Venezuela drives the ball while followed by Arturo Vidal of Chile during a match between Chile and Venezuela as part of South American Qualifiers for Qatar 2022 at Estadio San Carlos de Apoquindo on October 14, 2021 in Santiago, Chile. (Photo by Claudio Reyes - Pool/Getty Images)
Vidal (kiri) coba membayangi pergerakan Penaranda. Foto: Getty Images/Pool
Santiago -

Chile berhasil membungkam Venezuela 3-0 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL. Kemenangan ini menjaga peluang Arturo Vidal dkk untuk lolos ke Qatar tahun depan.

Bermain di San Carlos de Apoquindo, Jumat (15/10) pagi WIB, Chile membuka keunggulan di menit ke-18. Umpan tendangan sudut yang dilepaskan oleh Alexis Sanchez berhasil disambar Erick Pulgar dengan sundulan yang gagal diselamatkan kiper Venezuela, Wuilker Farinez.

Keunggulan Chile bertambah di menit ke-37, lewat situasi yang mirip dengan gol pertama. Corner kick yang dikirim Sanchez ke kotak penalti kembali disambut Pulgar dengan sundulan dan untuk kedua kalinya berhasil membobol gawang Venezuela. Skor 2-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Chile berhasil menambah satu gol lagi di menit ke-73 lewat Ben Brereton Diaz. Lewat serangan balik, penyerang berdarah Inggris itu menerima umpan terobosan dari Jean Meneses, kemudian melakukan solo run dan diakhiri dengan sepakan dari sudut kiri kotak penalti yang sukses membobol gawang tim tamu.

Skor 3-0 bertahan hingga usai, menegaskan dominasi Chile di laga ini. Selama 90 menit, mereka lebih dominan dengan 56 persen penguasaan bola, melepaskan 12 tembakan dengan 5 yang mengarah ke gawang. Sementara itu, Venezuela hanya punya satu shot on goal dari 11 percobaan.

Kemenangan ini membuat skuad asuhan Martin Lasarte saat ini menempati urutan 6 klasemen sementara zona CONMEBOL dengan 13 poin dari 12 laga. Diketahui, empat tim teratas akan lolos langsung ke Qatar, dan peringkat kelima akan menjalani playoff.

Chile harus terus melanjutkan hasil positif ini jika ingin setidaknya tampil di babak playoff. Sedangkan bagi Venezuela, hasil ini membuat mereka semakin terpuruk di dasar klasemen dengan 7 poin dari 12 laga.

Susunan pemain

Chile: Bravo, Isla, Medel, Maripan, Vegas (Nicolas Diaz 84'), Vidal, Pulgar (Baeza 78'), Valdes (Galdames 84'), Luis Jimenez (Meneses 67'), Alexis Sanchez, Ben Brereton

Venezuela: Farinez, Gonzalez, Ferraresi, Luis Martinez, Hernandez (Rosales 46'), Jose Martinez (Casseres Jr 68'), Rincon, Machis (Hurtado 74'), Penaranda, Bello (Celis 61'), Eric Ramirez (Aristeguieta 74')

(adp/raw)