Tuchel ke Timnas AS: Hati-hati Pakai Pulisic

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 09 Nov 2021 03:30 WIB
MALMO, SWEDEN - NOVEMBER 02: Christian Pulisic of Chelsea during the UEFA Champions League group H match between Malmo FF and Chelsea FC at Eleda Stadium on November 2, 2021 in Malmo, Sweden. (Photo by David Lidstrom/Getty Images)
Christian Pulisic dipanggil masuk skuat Timnas Amerika Serikat (Getty Images/David Lidstrom)
London -

Manajer Chelsea Thomas Tuchel mengkhawatirkan pemanggilan Christian Pulisic ke Timnas Amerika Serikat. Dia berharap Paman Sam bijak memainkan Pulisic.

Pulisic baru pulih dari cedera engkel yang membebatnya sejak September lalu. Dia sudah bermain total 23 menit di dua laga kontra Malmo di Liga Champions dan Burnley.

Tentu saja Tuchel tak mau buru-buru memainkan Pulisic mengingat dia sempat absen lama juga sebelum itu karena cedera serupa. Sayangnya, Timnas AS asuhan Gregg Berhalter rupanya tidak mau tahu.

Meski Pulisic diklaim belum fit belum dari cederanya, Berhalter tetap memanggilnya masuk skuat Timnas AS menghadapi Meksiko dan Jamaika di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF minggu depan.

Sebab tenaga Pulisic dibutuhkan demi memuluskan langkah ke putaran final Piala Dunia Qatar. AS saat ini berada di posisi kedua klasemen dengan 11 poin dari enam laga, selisih tiga angka dari Meksiko di puncak dan satu poin dari Kanada.

Kemenangan dibutuhkan untuk bisa menyallip rivalnya tersebut dan ada potensi Pulisic bakal digeber di salah satu laga tersebut. Hal ini kemudian dikhawatirkan Tuchel karena Pulisic masih dalam tahap pemulihan total.

Oleh karenanya, Tuchel meminta AS bijak memainkan Christian Pulisic agar bisa pulang ke London tanpa cedera.

"Apakah Pulisic bakal dimainkan lama oleh AS? Jawabannya adalah silakan lihat berapa lama dia bermain. Saya harap mereka tidak memforsir tenaga Pulisic dan bertanggung jawab," ujar Thomas Tuchel di ESPN.

"Christian masih merasakan sakit. Ini soal bagaimana menjaga rasa sakit itu. Bukan soal apakah dia akan cedera lagi atau masih. Hanya rasa sakitnya masih terasa. Dia sudah berupaya semaksimal mungkin," sambungnya.

"Dia ingin sekali bermain. Kami membutuhkannya. Start yang bagus di Malmo untuknya. Lalu hari ini (laga kontra Burnley), bermain 10 menit. Kami sedikit khawatir."

"Semoga saja semuanya, termasuk dia, bertanggung jawab dan tidak terbawa emosi untuk membawa negaranya memenangi laga super penting. Saya harap semua berjalan lancar dan dia bisa terbantu dengan menit bermain sehingga kembali ke sini dalam kondisi lebih baik."

(mrp/aff)