Spanyol Sudah Siap untuk 'Neraka' Akhir Pekan Ini

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 12 Nov 2021 08:40 WIB
Spains players celebrate his team victory over Greace at the end of the World Cup 2022 group B qualifying soccer match between Greece and Spain at the Olympic stadium in Athens, Greece, Thursday, Nov 11, 2021. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)
Spanyol siap untuk laga hidup-mati kontra Swedia demi juara grup (AP/Thanassis Stavrakis)
Athena -

Spanyol kini memegang kendali penuh dalam perebutan juara grup dengan Swedia. Akhir pekan ini bakal ada 'neraka' di La Cartuja.

Spanyol melawat ke Olympic stadium dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa menghadapi Yunani, Jumat (12/11/2021) dini hari WIB. Kemenangan jadi target Spanyol karena beberapa jam sebelumnya, rival terdekatnya Swedia kalah.

Swedia secara mengejutkan takluk 0-2 di kandang Georgia sehingga gagal menjauhkan diri dari Spanyol. Alhasil, Spanyol coba bermain menyerang sejak menit awal.

Tapi, mereka kesulitan untuk mencetak gol sebelum kebuntuan pecah di menit ke-27 lewat penalti Pablo Sarabia. Spanyol sebenarnya sempat kebobolan duluan di menit ke-21 lewat Giorgos Masouras tapi dianulir karena offside.

Spanyol pun menang 1-0 dan menguasai puncak klasemen Grup B dengan 16 poin, unggul satu angka dari Swedia di posisi kedua. Kebetulan kedua tim akan saling 'bunuh' di matchday terakhir, Senin (15/11/2021) dini hari WIB.

Duel di La Cartuja stadium jadi laga hidup mati untuk kedua tim. Spanyol yang sempat tertinggal dari Swedia di papan klasemen, kini cuma butuh satu poin untuk lolos langsung ke Qatar.

Tapi, imbang saja tidak cukup untuk La Furia Roja karena kemenangan adalah harga mati demi menghibur penonton.

"Saya sudah pasti yakin kami akan lolos ke Piala Dunia pada hari Minggu nanti. Saya sudah yakin sejak kami ada di posisi kedua," ujar pelatih Timnas Spanyol Luis Enrique kepada Marca.

"Kami akan menghadapi lawan tangguh yang lebih suka menyerang, tapi kami ingin menang, bukan imbang. Kami akan terus menekan. Kami ingin menang hari Minggu nanti. Kami akan bermain seperti biasanya, menekan dan menyerang," sambungnya.

"Hari ini saya senang. Senang untuk semua pemain. Tapi kami tidak boleh senang-senang dulu. Kemenangan sangat bagus dalam situasi seperti ini. Kami fokus pada permainan kami dan itu tidak mudah. Kami pantas menang dan tim ini bermain bagus."

(mrp/rin)