ADVERTISEMENT

Brasil Jadi Negara Keempat yang Lolos ke Piala Dunia 2022

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 12 Nov 2021 15:00 WIB
Brazils Lucas Paqueta, right, celebrates with teammates after scoring his sides opening goal against Colombia during a qualifying soccer match for the FIFA World Cup Qatar 2022 at Neo Quimica Arena stadium in Sao Paulo, Brazil, Thursday, Nov.11, 2021. (AP Photo/Andre Penner)
Brasil sudah dipastikan lolos ke Piala Dunia 2022. Foto: AP/Andre Penner
Sao Paulo -

Brasil menjadi negara Amerika Selatan pertama yang mengunci tiket ke Piala Dunia 2022. Selecao mengikuti jejak Denmark dan Jerman yang sudah lebih dulu mendapat slot ke Qatar tahun depan.

Kelolosan ini dipastikan Neymar dkk usai menang tipis 1-0 atas Kolombia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar di Arena Corinthians, Jumat (12/11) pagi WIB. Lucas Paqueta menjadi pahlawan kemenangan Brasil lewat gol tunggalnya di menit ke-72.

Tambahan tiga poin membuat Brasil kukuh di puncak klasemen sementara zona CONMEBOL dengan 34 poin dari 12 laga. Meski masih menyisakan 6 laga, Brasil sudah dipastikan tak akan terlempar dari posisi empat besar, yang merupakan batas lolos langsung ke Piala Dunia.

Pasalnya, Chile dan Kolombia yang ada di urutan 4 dan 5 klasemen sementara baru mengumpulkan 16 poin dari 13 laga. Jika kedua negara itu mampu memenangi 5 laga terakhir mereka, nilainya pun hanya akan menyentuh 31 poin.

Hanya tersisa tiga negara yang berpeluang menyamai atau melewati raihan poin Brasil saat ini, yakni Argentina (25 poin dari 11 laga), Ekuador (20 poin dari 13 laga), dan Uruguay (16 poin dari 12 laga). Itu artinya, Brasil minimal akan finis empat besar sekalipun kalah terus di 6 laga berikutnya.

Kelolosan ini menjaga tradisi Brasil sebagai negara yang sepanjang sejarah tak pernah absen tampil di Piala Dunia. Kini mereka bertekad memecahkan rekor poin tertinggi dalam kualifikasi yang dicatat Argentina pada Kualifikasi Piala Dunia 2002 silam, yakni 43 poin.

Saat itu, Gabriel Batistuta dkk hanya kalah sekali dalam 18 laga, sisanya berhasil memenangi 13 pertandingan dan imbang 4 kali. Dengan sisa 6 laga, misi itu tak terlalu sulit untuk Brasil, yang sejauh ini belum terkalahkan.

Negara yang sudah lolos ke Piala Dunia 2022 hingga Jumat 12 November 2021

- Qatar (tuan rumah)

- Jerman (zona UEFA)

- Denmark (zona UEFA)

- Brasil (zona CONMEBOL)

View this post on Instagram

A post shared by NJ 🇧🇷 (@neymarjr)

(adp/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT