ADVERTISEMENT

Guendogan Yakin Kimmich Bakal Berubah Pikiran untuk Divaksin

Putra Rusdi K - Sepakbola
Minggu, 14 Nov 2021 01:10 WIB
REYKJAVIK, ICELAND - SEPTEMBER 08: Joshua Kimmich and Ilkay Guendogan of Germany shake hands after the 2022 FIFA World Cup Qualifier match between Iceland and Germany at Laugardalsvollur National on September 08, 2021 in Reykjavik, Iceland. (Photo by Alex Grimm/Getty Images)
Ilkay Guendogan yakin Joshua Kimmich bakal divaksinasi (Foto: Getty Images/Alex Grimm)
Munich -

Ilkay Guendogan yakin rekannya di timnas Jerman Joshua Kimmich bakal divaksinasi. Kimmich sebelumnya sempat menegaskan menolak untuk divaksin.

Timnas Jerman harus kehilangan lima pemain pada jeda internasional pekan ini akibat harus menjalani karantina. Hal ini terjadi akibat Niklas Sule dinyatakan positif COVID-19.

Empat pemain lainnya yang turut dikarantina akibat kontak erat dengan Sule adalah Joshua Kimmich, Serge Gnabry, Jamal Musiala, dan Karim Adeyemi. Terkait kasus ini pelatih timnas Jerman, Hansi Flick, berharap pemainnya menjalani vaksinasi, meski tak diwajibkan.

Pernyataan Flick ini membuat Kimmich kembali menjadi sorotan. Pasalnya, pilar Bayern Munich tersebut sempat menyatakan menolak untuk divaksin karena meragukan dampak dari vaksinasi.

Meski demikian, gelandang timnas Jerman, Ilkay Guendogan, yakin Kimmich bakal berubah pikiran. Ia menilai Kimmich bakal divaksin dalam waktu dekat.

Guendogan yang pernah positif COVID-19 tetap merasa vaksin adalah car paling efektif melindungi diri dan lingkungan dari COVID-19. Namun, pilar Manchester City ini tetap menghormati pilihan Kimmich saat ini karena divaksin atau tidak kebebasan setiap individu.

"Saya percaya bahwa waktunya akan tiba ketika Jo (Kimmich) akan divaksinasi. Dia sengaja tidak melakukan hal itu demi masa depan," ujar Guendogan dikutip dari Daily Mail

"Setiap orang harus bercermin dan menjawab sendiri apakah mereka telah melakukan segalanya untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang yang mereka cintai sebaik mungkin."

"Karena vaksinasi bukanlah hal yang wajib, setiap orang punya pilihan," jelasnya.

Jerman sendiri meski tanpa lima pemain yang dikarantina tetap tampil perkasa saat menghadapi Liechtenstein di Kualifikasi Piala Dunia 2022, (12/11). Nationalelf mampu menang telak 9-0.



Simak Video "Perjalanan 15 Tahun Joachim Loew Bersama Jerman Berakhir!"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT