Kroasia ke Piala Dunia 2022 Berkat Gol Bunuh Diri Rusia

Randy Prasatya - Sepakbola
Minggu, 14 Nov 2021 23:04 WIB
Croatias Marko Livaja reacts after opening goal for his team during the World Cup 2022 group H qualifying soccer match between Croatia and Russia at the Poljud stadium in Split, Croatia, Sunday, Nov. 14, 2021. (AP Photo/Darko Bandic)
Kroasia berhasil meraih tiket ke Piala Dunia 2022. (Foto: AP/Darko Bandic)
Split -

Kroasia berhasil ke Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Rusia 1-0. Gol di laga ini lahir lewat bunuh diri.

Kroasia menjamu Rusia di Stadion Poljud dalam laga pamungkas Kualifikasi Piala Dunia Grup H, Minggu (14/11/2021) malam WIB. Vatreni wajib menang untuk mengunci tiket langsung ke Qatar 2022 dan Rusia cuma butuh hasil imbang.

Kroasia langsung menekan di awal laga. Sebuah tembakan dari Ivan Perisic sukses mengarah ke gawang lawan, tapi bola masih bisa dibendung kiper Matvey Safonov.

Tiga menit berselang gantian Andrej Kramaric yang mengancam Rusia. Bola sundulannya dari jarak dekat masih mampu digagalkan Safonov.

Rusia benar-benar tanpa serangan dan tampak bermain aman. Kroasia kemudian melakukan percobaan lainnya di menit ke-27 lewat tembakan Marcelo Brozovic dari luar kotak penalti, namun juga bisa digagalkan kiper lawan.

Setelah berulang kali menekan di babak pertama, Kroasia tak kunjung mendapatkan gol. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Kroasia langsung mengancam di awal babak kedua, yang tepatnya pada menit ke-46. Mario Pasalic melepaskan bola lewat sundulan, tapi Safanov dengan cekatan bisa mengamankan gawangnya.

Rusia bertahan dengan sangat dalam. Kroasia terpaksa lebih banyak melakukan umpan lambung langsung ke kotak penalti dan pada menit ke-60 ada bola sundulan dari Bruno Petkovic yang nyaris menjadi gol.

Kroasia akhirnya bisa mendapatkan gol di menit ke-81. Sebuah bola umpan silang tak sengaja mengenai kaki Fedor Kudryashov, yang kemudian bergulir ke dalam gawang sendiri.

Gol itu mengantarkan Kroasia meraih kemenangan 1-0. Tim besutan Zlatko Dalic kemudian berhak meraih tiket ke Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup H setelah mengumpulkan 23 poin.

Rusia masih punya peluang lolos meski menjadi runner-up Grup H dengan 22 poin. Tim besutan Valeri Karpin nantinya harus berjuang lewat jalur play-off.

Susunan Pemain:

Kroasia: Ivo Grbic, Dejan Lovren, Borna Sosa, Josip Juranovic (Josip Brekalo 75'), Joko Gvardiol, Luka Modric, Ivan Perisic, Marcelo Brozovic, Mario Pasalic (Marko Livaja 75'), Nikola Vlasic (Bruno Petkovic 58'), Andrej Kramanic.

Rusia: Matvey Safonov, Fedor Kudryashov, Georgiy Dzhikiya, Vyachesiav Karavaev, Igor Diveev, Alexei Ionov (Roman Zobnin 56'), Dmitri Barinov, Aleksandr Golovin (Dmitri Christyakov), Zelimkhan Bakaev (Andrey Mostovoy 78'), Daniil Fomin, Fedor Smolov (Anton Zabolotny 57').



Simak Video "Jelang Laga Indonesia Vs Thailand, GBK Masih Sepi Suporter"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/mrp)