Irlandia Utara Vs Italia: Imbang, Gli Azzurri Berjuang di Play-Off

Putra Rusdi K - Sepakbola
Selasa, 16 Nov 2021 04:45 WIB
Belfast -

Italia tertahan 0-0 oleh Irlandia Utara. Hasil ini membuat Gli Azzurri gagal lolos langsung ke Piala Dunia 2022. Mereka harus berjuang di babak play-off.

Irlandia Utara vs Italia tersaji di Windsor Park, Belfast, pada laga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (16/11/2021) dini hari WIB. Tim tamu butuh kemenangan demi tiket ke langsung ke Piala Dunia 2022.

Mereka tampil menekan sejak awal laga. Ancaman sudah dihadirkan Gli Azzurri pada menit ke-9.

Giovanni Di Lorenzo punya ruang usai menerima sodoran bola dari Lorenzo Insigne. Namun, sepakannya masih bisa ditepis kiper Irlandia Utara, Bailey Peacock-Farrell.

Italia terus menggempur lini pertahanan Irlandia Utara. Pada menit ke-15, giliran Federico Chiesa punya peluang memanfaatkan kesalahan Tom Flanagan. Upayanya gagal berbuah gol karena bola masih melebar dari gawang Irlandia Utara.

Pada menit ke-28, Lorenzo Insigne mencoba memecah kebuntuan dari usaha dari luar kotak penalti. Percobaan Insigne juga masih bisa diamankan Peacock-Farrell.

Italia tampil sangat dominan. Tiga menit berselang Chiesa kembali beraksi.

Ia menusuk dari sisi kiri sebelum melepas tembakan dari dalam kotak penalti. Peacock-Farrell kembali tampil gemilang dengan bisa membendung peluang Italia ini.

Italia tak mampu menembus gawang Irlandia Utara meski terus menekan sepanjang babak pertama. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, Irlandia Utara nyaris mencuri gol di menit ke-52. Jamal Lewis yang bergerak dari sisi kiri melepas umpan tarik yang bisa disambar George Saville. La Nazionale selamat dari kebobolan setelah Gianluigi Donnarumma masih bisa menepis bola.

Setelahnya, Italia kembali dominan. Irlandia memilih menunggu sambil mengandalkan serangan balik.

Pada menit ke-64, Chiesa melakukan kombinasi apik dengan Domenico Berardi untuk membongkar lini pertahanan tuan rumah. Namun, kembali penyelesaian akhir Chiesa masih melebar.

Italia tampak mulai kehilangan membongkar lini pertahanan Irlandia yang tampil disiplin. Emerson Palmieri berusaha memecah kebuntuan dari tembakan jarak jauh di menit ke-80. Sepakannya ini juga belum menemui sasaran.

Petaka nyaris hadir untuk Italia pada menit ke-90. Connor Washingston lepas dari jebakan offside.

Ia bisa melewati Donnarumma. Untung untuk Italia masih ada Leonardo Bonucci berdiri di garis gawang menghalau sepakan Washingston.

Skor 0-0 tak berubah hingga laga tuntas.

Hasil ini membuat Italia gagal mendapatkan tiket langsung ke Piala Dunia 2022. Ini karena mereka hanya finis di peringkat kedua Grup C dengan 16 poin. Mereka harus berjuang di babak play-off untuk ke Qatar.

Posisi Italia yang sebelumnya di puncak klasemen disalip oleh Swiss dengan 18 angka. Swiss di saat bersamaan mampu menang 4-0 atas Bulgaria

Susunan Pemain

Irlandia Utara: Bailey Peacock-Farrell; Craig Cathcart, Tom Flanagan, Jonny Evans, Jamal Lewis; Steven Davis; Stuart Dallas, Alistair McCann, George Saville (Corry Evans 72'), Gavin Whyte (Conor Washington 72'); Josh Magennis.

Italia: Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Francesco Acerbi, Emerson (Gianluca Scamacca 61'); Sandro Tonali (Bryan Cristante 46'), Jorginho (Manuel Locatelli 68'), Nicolo Barella (Andrea Belotti 64'); Domenico Berardi, Lorenzo Insigne (Federico Bernardeschi 68'), Federico Chiesa.

(pur/rin)