San Marino Vs Inggris: Tiga Singa Pesta Gol dan Panen Rekor!

Bayu Baskoro - Sepakbola
Selasa, 16 Nov 2021 06:45 WIB
San Marino -

Timnas Inggris tanpa ampun menggilas San Marino 10-0 di fase kualifikasi Piala Dunia 2022. Sejumlah rekor mentereng pun ditorehkan Harry Kane dkk.

Matchday pamungkas Grup I kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa mempertandingkan San Marino vs Inggris. Duel tersaji di Stadion San Marino, Selasa (16/11/2021) dini hari WIB.

Inggris tampil dominan atas San Marino sepanjang pertandingan. Tim Tiga Singa mencatatkan 22 shoot (13 on target) dan 85 persen penguasaan bola, sementara tim tuan rumah hanya mampu melakukan 2 tembakan saja (1 on target).

Anak asuh Gareth Southgate langsung mencetak enam gol sebelum turun minum. Harry Kane memborong empat gol (dua dari titik putih), sementara dua gol lainnya dibukukan Harry Maguire dan gol bunuh diri Fillippo Fabbri.

Pesta gol Inggris berlanjut di babak kedua. Emile Smith Rowe, Tyrone Mings, Tammy Abraham, serta Bukayo Saka masing-masing menyarangkan bola ke gawang San Marino. Laga tuntas dengan kemenangan telak Inggris 10-0!

Hasil ini sekaligus mengantarkan Timnas Inggris lolos ke Piala Dunia 2022. Finalis Piala Eropa 2020 itu melaju dengan status jawara Grup I, mengumpulkan 26 poin dan tidak terkalahkan selama fase kualifikasi.

Kemenangan telak Inggris atas San Marino juga menghasilkan beberapa rekor menarik. Berikut ini rekor-rekor yang terjadi dalam laga tersebut, sebagaimana dirangkum dari Opta:

- Timnas Inggris mencetak enam gol di babak pertama di satu laga untuk pertama kalinya dalam 75 tahun terakhir. Rekor itu sebelumnya dibukukan Inggris saat menang 8-2 atas Belanda pada November 1946.

- Sepuluh gol ke gawang San Marino adalah jumlah gol terbanyak Inggris dalam laga kualifikasi Piala Dunia/Piala Eropa, mematahkan sembilan gol yang mereka torehkan kontra Luksemburg pada Desember 1983.

- Timnas Inggris untuk pertama kalinya mencetak sepuluh gol dalam satu laga sejak Mei 1964, kala mereka menang 10-0 atas Amerika Serikat.

- Kemenangan 10-0 atas San Marino menjadi kemenangan tandang terbesar Inggris dalam satu laga kompetitif sepanjang sejarah.

- Harry Kane adalah pemain Inggris keempat yang mencetak hat-trick dalam dua laga berturut-turut setelah Vivian Woodward (1909), Dixie Dean (1927) dan Tommy Taylor (1957).

- Harry Kane menjadi pemain ketiga yang mencetak empat gol atau lebih untuk Timnas Inggris setelah David Platt (vs San Marino, Februari 1993) dan Ian Wright (vs San Marino, November 1993).

- Harry Kane telah mencetak 14 gol untuk Inggris pada tahun 2021, jumlah terbanyak yang dicetak pemain mana pun untuk The Three Lions dalam satu tahun kalender.

- Emile Smith Rowe menjadi pemain ke-18 Inggris yang mencetak gol di 2021. Itu merupakan jumlah pencetak gol yang berbeda terbanyak untuk The Three Lions dalam satu tahun kalender.

- Inggris lolos ke Piala Dunia untuk yang ketujuh kalinya secara beruntun, pencapaian terpanjang mereka di turnamen sepanjang sejarah.

- Inggris telah memenangkan lebih banyak pertandingan (15), mencetak lebih banyak gol (52) dan mencatatkan lebih banyak clean sheet (14) pada tahun 2021 daripada tahun-tahun lainnya sepanjang sejarah mereka.

- Jude Bellingham menjadi pemain kedua Inggris yang meraih kemenangan dalam 10 laga awal mereka di tim nasional setelah Theo Walcott (14 laga beruntun).

(bay/rin)