Mitrovic Pernah Gagalkan Serbia ke Euro, Kini Loloskan ke Piala Dunia

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 16 Nov 2021 20:15 WIB
Serbias Aleksandar Mitrovic celebrates after scoring his sides second goal during the World Cup 2022 group A qualifying soccer match between Portugal and Serbia at the Luz stadium in Lisbon, Sunday, Nov 14, 2021. (AP Photo/Armando Franca)
Penebusan Aleksandar Mitrovic saat kalahkan Portugal (AP/Armando Franca)
Lisbon -

Aleksandar Mitrovic jadi pahlawan kelolosan Serbia ke Piala Dunia 2022. Ini jadi penebusan Mitrovic yang jadi biang kegagalan negaranya ke Euro 2020.

Mitrovic bersama Serbia melawat ke Estadio Da Luz, Senin (15/11/2021) dini hari WIB. Mereka wajib menang untuk menggeser Portugal dari puncak klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang punya poin sama.

Tertinggal duluan oleh gol cepat Renato Sanches di menit kedua, Serbia menyamakan skor di menit ke-33 lewat Dusan Tadic. Setelah itu Serbia coba mencari gol kemenangan sementara Portugal bertahan karena tahu hasil imbang sudah cukup meloloskan mereka.

Pada menit ke-90, Mitrovic yang jadi pemain pengganti menyundul bola silang Tadic untuk memastikan kelolosan Serbia lewat kemenangan 2-1. Portugal sebagai juara Euro 2016 pun gigit jari dan harus melalui babak playoff untuk lolos.

Serbia lolos dengan 20 poin, unggul tiga poin atas Portugal dan jadi penampilan kedua beruntun negara Balkan tersebut di Piala Dunia setelah tiga tahun lalu di Rusia.

Bagi Mitrovic, gol itu melanjutkan catatan apiknya di kualifikasi ini dengan delapan gol dari delapan pertandingan! Mitrovic membuktikan dia belum habis meski Serbia punya penyerang muda Dusan Vlahovic saat ini.

Ini jadi keterlibatan ke-28 Mitrovic dalam hadirnya gol di level klub dan timnas sejak awal musim ini. Gol yang juga mengangkat beban Mitrovic yang jadi pesakitan tahun lalu.

Ya, Mitrovic jadi alasan mengapa Serbia gagal melaju ke Euro 2020. Pada laga playoff Euro 2020, Serbia disingkirkan Skotlandia lewat adu penalti setelah Mitrovic sebagai eksekutor penentu gagal menaklukkan David Marshall.

Marshall tepat menebak arah bola sepakan Mitrovic ke sisi kiri dan seketika itu dia jadi musuh bersama publik Serbia. Bahkan kariernya bersama Fulham di Liga Inggris juga jeblok.

Dia cuma bikin tiga gol dari 27 penampilan dan kerap dicadangkan manajer Scott Parker. Tapi, musim ini Mitrovic bangkit bersama Fulham dengan torehan 20 gol dari 17 laga!

Kini Aleksandar Mitrovic bisa tersenyum lebar karena dari pesakitan, kini jadi pahlawan.

(mrp/cas)