Sepakbola Kembalikan Senyum Afghanistan

Yanu Arifin - Sepakbola
Rabu, 17 Nov 2021 13:08 WIB
Timnas Indonesia melakoni laga uji coba menghadapi Afghanistan di Gloria Stadium, Antalya, Turki, Selasa 16 November 2021.
Laga persahabatan Afghanistan vs Indonesia di Gloria Stadium Antalya, Turki. (Foto: dok. PSSI)
Antalya -

Senyum kembali ke Afghanistan usai tim nasionalnya bisa mengalahkan Indonesia 1-0. The Lions of Khorasan membuat masyarakatnya berbahagia lagi.

Timnas Afghanistan menghadapi Indonesia pada laga persahabatan di Gloria Stadium Antalya, Turki, Selasa (16/11/2021) malam WIB. Kemenangan diraih Farshad Noor dkk dengan skor 1-0, lewat gol semata wayang Omid Popalzay di menit ke-85.

Kemenangan itu membuat masyarakat Afghanistan. Maklum, dalam beberapa bulan terakhir, warga Afghanistan berada dalam situasi mencekam.

Pada Agustus lalu, Taliban, kelompok gerilyawan, merebut pemerintahan Afghanistan pimpinan Ashraf Ghani. Mereka merebut Istana Kepresidenan di Kabul, dan kini memimpin negeri.

Datangnya Taliban membuat masyarakat Afghanistan khawatir, mengingat rekam jejak kelompok itu. Di bawah represi Taliban, warga Afghanistan terkungkung dalam sistem pemerintahan konservatif, seperti wanita dilarang berpendidikan tinggi hingga menerapkan hukuman pidana yang ekstrem.

Setelah beberapa bulan hidup dalam situasi ketakutan, warga Afghanistan sedikit tersenyum tadi malam. Kemenangan tim nasional sepakbolanya dari Indonesia menjadi penyebabnya.

Kemenangan 1-0 itu disambut meriah warga Afghanistan di media sosial. Melihat bendera Afghanistan berkibar lagi di lapangan hijau sedikit menghadirkan asa dari warganya untuk tetap optimistis di tengah deritanya.

Salah satu video bahkan memperlihatkan warga Afghanistan bersorak riang dan berpelukan di tribune, ketika Popalzay membobol gawang Indonesia. Bendera berkibar, bahagia pecah berkat permainan sepakbola Afghanistan.

Dukungan kepada Timnas Afghanistan banyak disampaikan warganya. Berikut detikSport rangkum, yang dicomot dari media sosial Twitter.

"Selamat kepada negara kami, untuk tim nasional kami, atas kemenangan Afghanistan 1-0 melawan Indonesia. Laga persahabatan yang bagus, dan terus dukung tim nasional kami," tulis akun @Sajzinho.

"Tim nasional Afghan mengalahkan Indonesia di pertandingan. Salut kepada para pemain dengan bendera tiga warnanya," tulis akun jurnalis peraih penghargaan Habib Khan.

- Selamat kepada tim nasional kami atas kemenangan atas Indonesia dan memberi Afghanistan alasan untuk mengibarkan benderanya dengan bangga," tulis akun Rabia Rashid.

- Di hari-hari yang sulit ini, para pahlawan kami membawa senyum kepada kami. Selamat kepada Tim Nasional Afghanistan," - tulis akun Iam Prince.

(yna/cas)