Kiper Timnas Putri yang Dituding Laki-laki Tegaskan Hal Ini

Kris Fathoni W - Sepakbola
Kamis, 18 Nov 2021 12:34 WIB
Zohreh Koudaei
Foto: dok.Internet
Jakarta -

Zohreh Koudaei, kiper timnas sepakbola putri Iran, angkat bicara atas tudingan tim lawan bahwa dirinya berjenis kelamin laki-laki.

Seperti diberitakan sebelumnya, tudingan terhadap Zohreh Koudaei itu dilontarkan oleh Federasi Sepakbola Yordania setelah menelan kekalahan dari Iran. Ketika itu Koudaei tampil cemerlang.

"Aku adalah seorang perempuan," kata Zohreh Koudaei, seperti dilansir media Turki Hurriyet.

"Yang dilakukan Yordania kepadaku adalah sebuah tindakan bullying. Aku akan mengajukan gugatan hukum," ucapnya menegaskan.

Pesepakbola kelahiran 1989 itu mengaku dirinya merasa dipermalukan dengan tudingan dari Yordania. Apalagi Zohreh Koudaei juga sudah lama berkarier di tim sepakbola putri.

Tudingan dari Yordania kepada Zohreh Koudaei muncul selepas pertandingan kedua tim di Kualifikasi Piala Asia 2022. Dalam laga September 2021 itu Iran yang dibela Koudaei menang 4-2 dalam drama adu penalti. Di bulan Oktober, Yordania menyurati AFC karena meragukan jenis kelamin Koudaei, yang tampil prima buat Iran dalam adu penalti.

Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari AFC seputar hal tersebut. Tapi Manajer Timnas Putri Iran Maryam Irandoost sudah bereaksi dengan keras menghadapi tudingan kepada salah satu pemainnya.

"Staf medis sudah memeriksa dengan cermat hormon semua pemain di timnas," katanya kepada media setempat Varzesh3.

"Tudingan ini hanyalah alasan karena mereka tak terima kalah dari Iran. Yordania adalah unggulan di grup. Saat kalah, mereka cari kambing hitam lewat alasan palsu macam ini untuk mengelak dari tanggung jawab."

(krs/aff)