ADVERTISEMENT

Kualifikasi Piala Asia 2022: Kiper Tim Putri Iran Dituding Laki-laki!

Lucas Aditya - Sepakbola
Rabu, 17 Nov 2021 12:51 WIB
Zohreh Koudaei
Zohreh Koudaei, kiper Timnas Putri Iran yang diduga laki-laki. (Foto: dok.Internet)
Jakarta -

Kualifikasi Piala Asia 2022 dihebohkan dengan dugaan kiper tim putri Iran yang diduga laki-laki. Tim Yordania yang menudingkan dugaan itu.

Iran mengalahkan Yordania di Kualifikasi Piala Asia 2022 wanita. Laga penentuan itu digelar sampai babak adu kiper, Iran akhirnya menang dengan skor 4-2.

Pertandingan Grup G harus ditentukan dengan penalti karena Iran dan Yordania mengumpulkan poin sama di klasemen, juga mempunyai jumlah gol yang sama.

Zohreh Koudaei, kiper Iran, menjadi penentu kemenangan. Dia mampu menepis dua tendangan pada pertandingan yang berlangsung di Milliy Stadium, Tashkent, Uzbekhistan, pada 25 September 2021.

Protes dilayangkan oleh federasi sepakbola Yordania pada awal Oktober. Mereka menyurati AFC karena meragukan jenis kelamin Koudaei yang sebenarnya.

Presiden federasi sepakbola Yordania, Pangeran Ali Bin Al-Hussein, menegaskan permintaan 'verifikasi jenis kelamin pada Koudaei.

Pihak Iran, lewat manajer tim, Maryam Irandoost, sudah memberikan klarifikasi mengenai dugaan pada Koudaei.

"Tuduhan ini hanya alasan untuk tak bisa menerima kekalahan melawan Timnas Putri Iran," kata Maryam di Varzesh3.

"Tim Yordania menganggap diri mereka unggulan besar untuk lolos...dan saat mereka kalah...itu wajar untuk mencari bantuan dengan alasan palsu dan untuk lepas dari tanggung jawab atas kegagalan ini," kata dia menambahkan.

Piala Asia Putri 2022 akan berlangsung di India pada 20 Januari sampai 6 Februari. Indonesia juga lolos ke ajang itu.

(cas/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT