ADVERTISEMENT

Playoff Piala Dunia 2022: Italia dan Portugal Bisa 'Saling Bunuh'

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 27 Nov 2021 00:03 WIB
ZURICH, SWITZERLAND - NOVEMBER 26: General view during the FIFA World Cup Qatar 2022 European Play-Off Draw rehearsal on November 26, 2021 in Zurich, Switzerland. (Photo by Alexander Scheuber - FIFA/FIFA via Getty Images)
Drawing Playoff Piala Dunia 2022 sudah dihelat (FIFA via Getty Images/Alexander Scheuber - FIFA)
Zurich -

Salah satu dari Italia atau Portugal tidak akan tampil di Piala Dunia 2022. Ini setelah hasil drawing playoff zona Eropa. Duh!

Italia sebagai juara Eropa cuma finis kedua di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dua pekan lalu, setelah kalah bersaing dari Swiss. Portugal pun demikian usai takluk dari Serbia di matchday terakhir, yang membuat mereka jadi runner-up.

Maka dari itu Italia dan Portugal harus melewati babak playoff lebih dulu merebut tiket ke Qatar tahun depan. Menilik skema pengundian, publik khawatir kalau Italia dan Portugal akan "saling bunuh" di playoff.

Sebab bakal ada dua tim unggulan dan dua tim non-unggulan di setiap jalur playoff yang terbagi sebanyak tiga. Kekhawatiran itu lantas terjadi setelah hasil drawing di markas besar FIFA, Jumat (26/11/2021) malam WIB.

Italia dan Portugal berada di jalur C bersama Turki dan Makedonia Utara. Italia akan bertemu Makedonia Utara, sementara Portugal menjamu Turki. Jika Portugal dan Italia mengalahkan lawan-lawannya, maka keduanya akan berebut tiket Piala Dunia di final playoff.

Sungguh mengejutkan apabila Piala Dunia tahun depan tidak dihadiri salah satu dari dua jawara Eropa terakhir. Lalu, bagaimana dengan dua jalur lainnya?

Di Jalur A, Skotlandia bertemu Ukraina dan Wales berjumpa Austria. Kedua anggota Inggris Raya itu bisa saling berjibaku di final. Di Jalur B, ada Rusia kontra Polandia serta Swedia bertemu Republik Ceko.

Semua pertandingan semifinal playoff zona Eropa dihelat pada 24 Maret dan final pada 29 Maret. Sementara untuk dua playoff lainnya, yang mempertemukan wakil Asia kontra wakil Amerika Selatan dan wakil Amerika Utara, Tengah, dan Karibia kontra wakil Oseania, digelar satu leg pada 13-14 Juni di Qatar.

Jadwal Playoff Piala Dunia 2022

JALUR A

Semifinal
Skotlandia vs Ukraina
Wales vs Austria

Final
Pemenang Wales vs Austria jadi tuan rumah

JALUR B

Semifinal
Rusia vs Polandia
Swedia vs Republik Ceko

Final
Pemenang Rusia vs Polandia jadi tuan rumah

JALUR C

Semifinal
Italy vs Makedonia Utara
Portugal vs Turki

Final
Pemenang Portugal vs Turki jadi tuan rumah

(mrp/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT