Mancini Berharap Italia Tak Ketemu Portugal di Play-off Piala Dunia

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Rabu, 17 Nov 2021 06:00 WIB
ROME, ITALY - NOVEMBER 12:  Leonardo Bonucci of Italy reacts at the end of the 2022 FIFA World Cup Qualifier match between Italy and Switzerland at Stadio Olimpico on November 12, 2021 in Rome, Italy. (Photo by Claudio Villa/Getty Images)
Timnas Italia harus melewati play-off untuk lolos ke Piala Dunia 2022 (Foto: Getty Images/Claudio Villa)
Roma -

Italia harus berjuang lewat play-off untuk lolos ke Piala Dunia 2022. Roberto Mancini berharap Italia tidak ketemu Portugal.

Italia ditahan imbang Irlandia Utara dengan skor 0-0 di laga terakhir Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022. Di saat bersamaan Swiss menang 4-0 atas Bulgaria.

Hasil-hasil itu menempatkan Swiss sebagai juara Grup C dengan 18 poin dan berhak lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar. Sementara Gli Azzurri finis sebagai runner-up dengan 16 poin.

Itu berarti Italia harus melewati play-off yang kini punya format baru. Tim-tim yang berjuang di play-off nantinya harus memainkan laga semifinal dan final pada bulan Maret mendatang.

"Kami kira kami sudah lolos, tapi harus belajar menerima hasil di lapangan meski jelek," ujar Mancini dalam acara Social Football Summit seperti dilansir Football Italia.

"Kami masih punya peluang bagus untuk lolos. Kami cuma kalah satu kali dalam 40 laga terakhir, jadi penting untuk selalu berpikir positif. Jika kami harus mengalami penurunan, saya lebih memilih itu terjadi sekarang ketimbang di bulan Maret atau ketika Piala Dunia tiba."

"Saya tahu akan sulit ketika kami imbang lawan Swiss tapi saya tidak mengira kami akan melewati play-off. Kami sempat dapat dua penalti melawan Swiss dan menyulitkan diri kami sendiri," imbuhnya.

Jika bisa memilih, Roberto Mancini ingin Italia terhindar dari Portugal di play-off Piala Dunia 2022. Cristiano Ronaldo dkk juga gagal lolos langsung ke Qatar setelah finis sebagai runner-up Grup A. Mereka dikalahkan Serbia di laga terakhir.

"Kalau saya harus memilih satu, saya pilih Portugal," kata Mancini.

Play-off Piala Dunia 2022 akan diikuti oleh 12 tim yang bakal dibagi menjadi tiga jalur, yang masing-masing diisi empat tim. Tiap jalur play-off akan menggelar dua laga semifinal yang dimainkan satu leg dan satu laga final. Pemenang dari masing-masing jalur play-off akan lolos ke Piala Dunia 2022.

(nds/adp)