ADVERTISEMENT

IFFHS: Gianluigi Donnarumma Kiper Terbaik 2021

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 30 Nov 2021 02:00 WIB
Paris Saint-Germains Italian goalkeeper Gianluigi Donnarumma pleads with the referee during the UEFA Champions League, Group A, football match RB Leipzig v Paris Saint-Germain in Leipzig, eastern Germany on November 3, 2021. (Photo by FRANCK FIFE / AFP)
Gianluigi Donnarumma kiper terbaik 2021 versi IFFHS (AFP/FRANCK FIFE)
Paris -

Gianluigi Donnarumma didapuk sebagai kiper terbaik tahun ini. Pemain asal Italia itu mengalahkan Manuel Neuer dan Edouard Mendy.

Adalah International Federation of Football History and Statistik (IFFHS) yang menobatkan Donnarumma berdasarkan performa gemilangnya saat membawa Italia juara Piala Eropa 2020.

Saat itu, Donnarumma berhasil jadi pahlawan dalam kemenangan atas Spanyol dan Inggris di babak semifinal serta final, lewat drama adu penalti. Donnarumma juga jadi pemain terbaik di turnamen itu.

Donnarumma harus menghadapi perlawanan ketat dari Neuer dan Mendy sebagai pesaing. Donnarumma mendapatkan 170 poin, unggul 95 poin dari Neuer yang memegang rekor kiper dengan trofi terbanyak di IFFHS.

Di posisi ketiga, Mendy yang berhasil membawa Chelsea menjuarai Liga Champions dan Piala Super Eropa, dengan hanya kemasukan sedikit gol, ada di posisi ketiga.

"Kiper Italia Gianluigi Donnarumma dinobatkan sebagai kiper terbaik dunia 2021 dengan 170 poin, unggul 95 poin dari pemegang rekor IFFHS Manuel Neuer," ujar pernyataan resmi IFFHS yang dikutip Football-Italia.

"Donnarumma adalah salah satu pahlawan Italia saat menjuarai EURO 2020 dan sukses mengadang Nueuer sebagai kiper dengan trofi IFFHS terbanyak.

"Posisi ketiga di 2021 adalah milik Edouard Mendy, yang jadi kejutan terbesar tahun ini, saat membawa Chelsea juara Liga Champions."

Gianluigi Donnarumma meninggalkan AC Milan di akhir musim 2020/2021 dengan total 251 penampilan di seluruh kompetisi, sejak debut 2015 pada umur 16 tahun.

Donnarumma setelah kontraknya habis lalu memutuskan pindah ke Paris Saint-Germain. Sayangnya, dia masih kesulitan bersaing dengan Keylor Navas karena baru tampil tujuh kali.

(mrp/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT