Sabet Ballon d'Or, Alexia Putellas Ratu Sepakbola 2021

Yanu Arifin - Sepakbola
Selasa, 30 Nov 2021 09:45 WIB
Paris -

Jika Lionel Messi menjadi raja pesepakbola di 2021, maka Alexia Putellas ratunya. Gelandang Barcelona itu menjadi pesepakbola putri peraih Ballon d'Or 2021.

Di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, Selasa (30/11/2021) dini hari WIB, Gala Ballon d'Or 2021 berlangsung. Enam kategori direbutkan pesepakbola top Eropa.

Salah satunya adalah kategori Ballon d'Or Feminin 2021, atau gelar Pemain Terbaik Putri. Nominasi itu, yang baru 2018 diperkenalkan, dimenangkan Alexia Putellas.

Alexia diganjar gelar Ballon d'Or 2021, usai tampil apik bersama Barcelona di musim 2020/2021. Pesepakbola 27 tahun itu membawa Blaugrana meraih treble winners, usai memenangkan titel LaLiga Putri, Copa del Rey, dan Liga Champions putri.

Sepanjang musim, pemain asli kelahiran Barcelona itu juga tampil gemilang dari segi statistik. Ia menorehkan 26 gol dari 42 pertandingan, termasuk satu gol di final Liga Champions, kala Barcelona menghajar Chelsea 4-0.

Alexia, yang lahir di Barcelona pada 4 Februari 1994, merupakan anak dari pasangan Jaume Putellas Rota dan Eli Segura. Keluarganya merupakan pecinta basket, namun Alexia memilih sepak bola sebagai hobi.

"Saya mulai bermain ketika berusia enam tahun. Keluarga saya selalu bermain basket, dan saya memilih sepak bola. Seperti kebanyakan anak-anak, saya mulai sekolah sampai saya pindah ke Sabadell," katanya, dalam wawancara bersama Marti Perarnau.

"Seperti yang saya katakan sebelumnya, keluarga sangat penting. Mereka selalu mendukung saya. Mereka mengatakan kepada saya, bahwa jika itu yang saya suka agar diteruskan. Awalnya hobi, dan kemudian sedikit demi sedikit menjadi profesional dan dengan kerja keras dan pengorbanan, saya bisa sampai di tempat saya sekarang," katanya.

Alexia awalnya sempat membela CE Sabadell. Baru pada 2005, ia pindah ke Barcelona, namun lebih dulu membela klub rival, Espanyol. Selama dua musim hingga 2011, Alexia pindah ke Levante, baru semusim berselang pada pada 2012 berseragam Barcelona sampai saat ini.

Kini, Alexia menjadi penampil terbanyak keempat di Barcelona dengan 371 penampilan dan bikin 154 gol, menjadikannya pencetak gol terbanyak kedua sepanjang sejarah. Sementara di Timnas Spanyol, Alexia punya caps terbanyak dengan 92 kali laga, dan bikin 22 gol.

Kini, fans Barcelona sejak kecil itu bisa mewujudkan mimpinya. Di Paris dini hari tadi, ia menyabet gelar Ballon d'Or 2021, menjadikannya pemain putri pertama Spanyol yang meraihnya. Ini juga menjadi gelar keduanya, setelah pada Agustus lalu diganjar status Pemain Terbaik UEFA 2021.

"Saya ingin ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan. Ini gelar individu, tapi juga tak terbantahkan menjadi penghargaan untuk tim," katanya di atas panggung, seperti dilansir dari situs resmi Barcelona.

"Terima kasih kepada semua pelatih yang memberi saya kepercayaan, fans, yang saya harapkan terus menikmati apa yang kami lakukan, klub, yang berulang tahun ke-122, dan takdir yang membawa saya bisa mengangkat trofi ini. Juga untuk keluarga saya," kata Alexia Putellas.

(yna/bay)