ADVERTISEMENT

Legenda Jerman Ini Heran Lewandowski Gagal Menangi Ballon d'Or 2021

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Selasa, 30 Nov 2021 17:42 WIB
Bayern Munichs Polish forward Robert Lewandowski waves on stage after being awarded the Striker of the Year award  the 2021 Ballon dOr France Football award ceremony at the Theatre du Chatelet in Paris on November 29, 2021. (Photo by FRANCK FIFE / AFP)
Kegagalan Robert Lewandowski memenangi Ballon d'Or 2021 bikin Lothar Mattheus heran. (Foto: AFP/FRANCK FIFE)
Munich -

Robert Lewandowski gigit jari usai Ballon d'Or 2021 jatuh ke tangan Lionel Messi lagi. Legenda sepakbola Jerman Lothar Matthaeus gagal paham dengan hasil itu.

Lewandowski memang dijagokan sebagai pesaing terkuat Messi dalam penghargaan individu prestisius tersebut. Mesin gol Bayern Munich itu tampil cemerlang di sepanjang tahun ini setelah mengemas 64 gol dalam 54 pertandingan di level klub dan internasional.

Pada akhirnya, Lewandowski mesti merelakan Ballon d'Or 2021 direbut Messi yang menandai trofi Bola Emas ketujuh dalam kariernya. Pemain Paris Saint-Germain itu menginspirasi Argentina dalam memenangi Copa America 2021, trofi pertama Albiceleste dalam 28 tahun.

Dalam perhitungan pemungutan suara, Lewandowski finis kedua di belakang Messi dengan selisih 33 poin saja. Bintang sepakbola Polandia itu lantas diganjar penghargaan striker terbaik tahun ini.

Tidak bisa dipungkiri bahwa tidak sedikit yang merasa tidak puas dengan kemenangan Lionel Messi di Ballon d'Or 2021. Salah satunya adalah Lothar Mattheus, yang menilai Lewandowski lebih konsisten daripada rivalnya itu.

"Terus terang, saya tidak bisa lagi memahaminya," cetus Matthaeus kepada Sky Sports Jerman. "Dengan seluruh hormat saya kepada Messi dan pemain-pemain hebat lain yang dinominasikan, tidak ada yang lebih pantas mendapatkannya selain Lewandowski."

"Menjadi seluarbiasa seperti penyerang Bayern dan hal itu praktis dicapai pekan demi pekan, dan Ronaldo pun tidak sekonsisten dan seluarbiasa Lewandowski. Saya tidak mengerti mengapa dia tidak memenanginya," sungut pemenang Ballon d'Or 1990 itu.

Lewandowski mencoba legawa dengan hasil Ballon d'Or 2021. Penyerang berusia 33 tahun itu mengucapkan selamat kepada Messi.

"Pertama-tama, saya ingin memberikan selamat kepada pemenang Ballon d'Or, Lionel Messi. Saya ingin berterima kasih kepada setiap jurnalis yang memilih saya, dan yakin bahwa prestasi saya selama 2021 juga penting," kata Lewandowski.

(rin/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT