Messi Harapkan Lewandowski Dapat Ballon d'Or 2020, Mungkinkah?

Kris Fathoni W - Sepakbola
Kamis, 02 Des 2021 12:40 WIB
Bayern Munichs Polish forward Robert Lewandowski waves on stage after being awarded the Striker of the Year award  the 2021 Ballon dOr France Football award ceremony at the Theatre du Chatelet in Paris on November 29, 2021. (Photo by FRANCK FIFE / AFP)
Foto: AFP/FRANCK FIFE
Jakarta -

Lionel Messi meraih Ballon d'Or 2021 dan kemudian menyatakan harapannya agar Robert Lewandowski diberikan Ballon d'Or 2020 -- yang dibatalkan karena pandemi. Mungkinkah itu terjadi?

La Pulga mengutarakan harapannya itu ketika menerima Ballon d'Or 2021, yang ketujuh dalam kariernya, pada awal pekan ini. Menurutnya Robert Lewandowski juga sangat layak dapat Ballon d'Or.

"Robert, kamu juga layak mendapatkan Ballon d'Or. Tahun lalu semua orang sepakat bahwa kamu adalah pemenang ajang ini. Semoga saja France Football akan memberimu Ballon d'Or 2020. Kami semua percaya kamu layak mendapatkannya dan aku berharap semoga saja kamu bisa memilikinya di rumah," kata Messi saat itu.

France Football, penyelenggara Ballon d'Or, meniadakan sama sekali ajang tersebut pada tahun lalu usai kompetisi sepakbola amat terimbas pandemi COVID-19.

Pada waktu itu Robert Lewandowksi tampil impresif antara lain dengan mencetak 55 gol sepanjang 2020, paling banyak dibandingkan pesepakbola lain.

Lantas apa kata France Football soal harapan Lionel Messi mengenai Lewandowski dapat Ballon d'Or 2020?

"Apa yang dikatakan Messi itu bagus dan cerdas," kata Pascal Ferré selaku editor-in-chief France Football, seperti dikutip SportBible.

"Menurutku kami tidak harus buru-buru membuat keputusan. Kami bisa memikirkan hal tersebut dan secara bersamaan juga harus menghormati sejarah Ballon d'Or, yang didasarkan pada pengambilan suara."

"Kami tidak bisa yakin sepenuhnya apakah tahun lalu Lewandowski akan jadi pemenang Ballon D'Or. Kami takkan bisa tahu karena memang tidak ada pengambilan suara. Tapi sejujurnya peluang menang Lewandowski tahun lalu sangatlah besar."

(krs/cas)