Timnas Uruguay Punya Pelatih Baru

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 15 Des 2021 16:20 WIB
FORT LAUDERDALE, FLORIDA - OCTOBER 03: Head coach Diego Alonso of Inter Miami CF reacts against New York City FC at Inter Miami CF Stadium on October 03, 2020 in Fort Lauderdale, Florida.   Michael Reaves/Getty Images/AFP (Photo by Michael Reaves / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)
Diego Alonso jadi pelatih baru Timnas Uruguay (Getty Images via AFP/MICHAEL REAVES)
Montevideo -

Timnas Uruguay sudah punya pelatih baru untuk misi lolos ke Piala Dunia 2022. La Celeste menunjuk Diego Alonso sebagai pengganti Oscar Tabarez. Siapa dia?

Uruguay memutuskan berpisah dengan Tabarez setelah 15 tahun kebersamaan. Sebab, Uruguay dalam tren negatif di Kualifikasi Piala Dunia 2022 setelah kalah di empat pertandingan beruntun.

Uruguay kini terancam gagal lolos ke Qatar tahun depan karena berada di posisi ketujuh klasemen dengan 16 poin, selisih satu angka dari Kolombia di posisi keempat yang merupakan batas akhir untuk lolos langsung.

Mau tak mau Uruguay harus membuat perubahan secepatnya agar peluang merebut tiket putaran final tidak pupus. Sebab cuma ada empat laga tersisa yang semuanya harus disapu bersih Uruguay jika ingin lolos.

Maka dari itu, Federasi Sepakbola Uruguay (UAF) langsung menunjuk Diego Alonso sebagai pengganti Tabarez. Alonso dikontrak hingga selesainya kualifikasi zona Amerika Selatan.

Jika berhasil membawa Uruguay ke Qatar, bukan tak mungkin Alonso akan dipertahankan. Lalu, siapa Diego Alonso? Nama Alonso memang belum setenar Tabarez meski sama-sama berasal dari Uruguay.

Tapi, Alonso punya pengalaman melatih klub sebesar Penarol dan Bella Vista di kompetisi lokal Uruguay. Selain itu, Alonso juga pernah menangani klub Paraguay Olimpia dan Guarani.

Rentang terpanjangnya sebagai pelatih saat menangani klub Meksiko Pachuca yang dibawanya menjuarai liga pada 2016. Bahkan dia pernah menjuarai Liga Champions versi CONCACAF bersama Pachuca dan Monterrey.

Sayangnya karier kepelatihannya terakhir berujung pemecatan setelah gagal membawa Inter Miami bicara banyak di MLS tahun ini.

Dengan CV yang terbilang mentereng untuk ukuran pelatih di Benua Amerika, Diego Alonso diharapkan bisa membangkitkan Uruguay. Alonso yang sempat merumput di Liga Spanyol bersama Valencia, Atletico Madrid, Racing Santander, dan Malaga itu akan melakoni laga debut kala Uruguay menghadapi Paraguay 27 Januari.

(mrp/aff)