Brasil dan Argentina Ikut UEFA Nations League 2024?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 18 Des 2021 10:00 WIB
SAN JUAN, ARGENTINA - NOVEMBER 16: Lionel Messi of Argentina competes for the ball with Fabinho of Brazil during a match between Argentina and Brazil as part of FIFA World Cup Qatar 2022 Qualifiers at San Juan del Bicentenario Stadium on November 16, 2021 in San Juan, Argentina. (Photo by Marcos Brindicci/Getty Images)
Argentina dan Brasil ikut UEFA Nations League 2024? (Getty Images/Marcos Brindicci)
Nyon -

Gebrakan baru bakal dibuat UEFA di ajang Nations League. Rencananya mulai 2024, bakal ada tim-tim Amerika Latin yang ikutan. Wow!

Nations League adalah turnamen baru UEFA yang dibuat pada 2019 dengan Portugal serta Prancis sebagai juara di dua edisi pertama. Kompetisi ini lebih menitikberatkan pada pertemuan tim-tim raksasa di Liga 1.

Selain itu, Nations League di luar Liga A akan menentukan koefisien yang berujung pada pembagian grup di kualifikasi Piala Dunia dan Euro. Tapi, UEFA tak mau Nations League cuma dianggap pelengkap Piala Eropa.

Sebagai kompetisi baru, maka mereka harus punya keunikan. Oleh karenanya, UEFA membuat terobosan baru yakni mengundang tim-tim Amerika Selatan ikut serta mulai edisi 2024.

Kebetulan UEFA dan CONMEBOL baru saja meneken MoU soal kerjasama kedua belah pihak. Yang terdekat adalah UEFA dan CONMEBOL akan berbagi kantor di London.

Nantinya kedua konfederasi ini akan menelurkan ide-ide untuk berbagai macam event sepakbola.

"UEFA Nations League 2022 adalah yang terakhir menggunakan format saat ini. Kami sudah rapat dengan federasi sepakbola Amerika Selatan, CONMEBOL, bahwa sedari 2024, tim-tim dari benua tersebut akan gabung kompetisi ini," ujar wakil presiden UEFA Zbigniew Boniek seperti dilansir ESPN.

"Formatnya seperti apa? Kami masih membahasnya. Jadwal tanding timnas itu terbatas sehingga Anda tidak bisa mengutak-atik terlalu banyak," sambungnya.

Dari indikasi awal, enam tim top CONMEBOL seperti Brasil, Argentina, Uruguay, Chile, Peru, dan Kolombia, akan dimasukkan ke Liga A yang berisikan tim-tim top.

Sementara, empat tim seperti Venezuela, Bolivia, Ekuador, dan Paraguay masuk ke Liga B. Sudah pasti rencana UEFA dan CONMEBOL ini akan berpengaruh pada kalender FIFA sedari 2024.

Sebab FIFA belum membuat agenda dalam kalender mereka setelah 2024. FIFA baru-baru ini juga berencana menjadikan Piala Dunia sebagai event dua tahunan.

Untuk uji coba, laga Finalissima antara juara Eropa Italia dan juara Copa America Argentina akan dihelat di London 1 Juni.

(mrp/bay)