Wow! Kapten Ajax Ini Pecahkan Rekor Lionel Messi

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Minggu, 19 Des 2021 08:30 WIB
Ajax Dusan Tadic controls the ball during the Dutch Eredivisie match between Ajax Amsterdam and Willem II at the Johan Cruijff ArenA in Amsterdam on December 2, 2021. (Photo by MAURICE VAN STEEN / ANP / AFP) / Netherlands OUT
Dusan Tadic pecahkan rekor assist Lionel Messi (AFP/MAURICE VAN STEEN)
Amsterdam -

Diam-diam kapten Ajax Amsterdam Dusan Tadic memecahkan rekor Lionel Messi. Bukan rekor gol, tapi rekor assist selama setahun. Top!

Seperti yang sudah-sudah, Messi selalu memegang banyak rekor, salah satunya adalah rekor assist yang dibuatnya pada 2011 saat bermain untuk Barcelona.

Saat itu Messi mendonasikan 36 assist dan 73 gol sepanjang setahun kalender, yang merupakan rekor dunia. Setelah itu, tidak ada satu pun pemain termasuk gelandang kelas dunia macam Kevin De Bruyne atau Thomas Mueller mampu memecahkannya.

Tapi, rekor ada untuk dipecahkan dan itu dilakukan Tadic saat membela Ajax menghadapi AZ Alkmaar pekan lalu. Pada laga di Johan Cruyff ArenA tersebut, Ajax kalah 1-2.

Ajax sempat tertinggal duluan di menit ke-50 sebelum menyamakan skor lewat Sebastien Haller di menit ke-73. AZ memastikan kemenangan lewat Zakaria Aboukhal di menit ke-83.

Kekalahan itu memang membuat Ajax digusur PSV Eindhoven dari puncak klasemen Eredivisie, dengan 36 poin, selisih satu angka. Meski begitu, Tadic bisa menuntaskan laga dengan sedikit senyuman.

Sebab itu jadi assist ke-37 Tadic sepanjang tahun ini yang membuatnya melewati rekor Messi. Jarang-jarang ada yang bisa memecahkan rekor Messi dan kalaupun ada, maka pemain itu berarti spesial.

Tadic memang tidak tenar namanya sebelum gabung Ajax dari Southampton pada 2018. Tadic langsung jadi pemain inti sekaligus kapten Ajax.

Meski sudah berusia 33 tahun, Tadic tetap tampil prima lewat sumbangan gelar Liga Belanda dan Piala Belanda musim lalu. Selama tiga tahun di Ajax Amsterdam, Tadic punya statistik wow, 83 gol dan 82 assist dari 171 penampilan!

Dengan Liga Belanda menyisakan dua partai lagi sebelum tutup tahun, kontra Feyenoord dan Fortuna Sittard, Tadic berpeluang menajamkan rekor assist-nya tersebut.

Bisakah Dusan Tadic melakukannya?

(mrp/pur)