Pelatih Ajax: Semua Tim Tidak Senang Lawan Kami di 16 Besar

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 09 Des 2021 15:10 WIB
Ajaxs Sebastien Haller, center, celebrates with his teammates after he scored his sides first goal during a Champions League group C soccer match between Ajax and Sporting CP, at the at the Johan Cruyff ArenA in Amsterdam, Netherlands, Tuesday, Dec. 7, 2021. (AP Photo/Andrew Medichini)
Ajax Amsterdam tak takut lawan siapapun di 16 besar Liga Champions (AP/Andrew Medichini)
Amsterdam -

Pelatih Ajax Amsterdam Erik ten Hag yakin dengan kualitas timnya. Maka itu Ten Hag yakin klub-klub akan menghindari Ajax di babak 16 besar Liga Champions.

Ajax lolos dari fase grup dengan performa sangat meyakinkan, yakni enam kemenangan dari enam laga. Hanya Liverpool dan Bayern Munich yang punya catatan serupa.

Ajax bahkan mampu menggulung Borussia Dortmund pada dua kali pertemuan. Ajax mencetak 20 gol dan hanya kebobolan lima gol. Catatan impresif ini juga cuma bisa dikalahkan oleh Bayern yang membuat 22 gol.

Padahal secara kualitas skuat, Ajax boleh dibilang masih ada di bawah beberapa klub top Eropa macam Barcelona, Liverpool, Manchester City, Manchester United, atau Real Madrid. Tapi, Ajax membuktikan hal itu bukanlah masalah.

Sebab Ajax juga punya mesin gol bernama Sebastien Haller yang sudah bikin 10 gol dan jadi top scorer sementara Liga Champions. Tak cuma Haller, ada juga David Neres, Antony, dan Dusan Tadic yang juga sama bahayanya.

Oleh karenanya wajar jika Ten Hag pede betul Ajax bisa melewati lawan-lawannya di babak 16 besar. Sebagai juara grup, Ajax berpotensi bertemu tim-tim kuat macam Paris Saint-Germain, Inter Milan, Atletico Madrid atau Chelsea.

"Memenangkan satu pertandingan saja sulit, tapi kita mampu enam laga beruntun," ujar Erik ten Hag seperti dikutip Sowetan Live.

"Kita lihat saja hasil pengundiannya nanti. Anda tahu bahwa lawan-lawan di babak ini bakal sulit, tapi kami percaya diri," sambungnya.

"Kami tahu kami bisa meraih sesuatu. Tidak ada tim yang bakal senang bertemu Ajax. Tapi kami tahu bahwa kami harus tampil sangat bagus untuk lolos ke babak berikutnya."

Ajax Amsterdam akan mengetahui calon lawan pada drawing 16 besar Liga Champions Senin mendatang. Bersama Ten Hag, pencapaian terbaik Ajacied adalah semifinalis pada 2018/2019 sebelum disingkirkan Tottenham Hotspur.

Baca juga: Haller Hot!
(mrp/cas)