Kylian Mbappe Jadi Pemain Terbaik 2021 versi Globe Soccer Awards

ADVERTISEMENT

Kylian Mbappe Jadi Pemain Terbaik 2021 versi Globe Soccer Awards

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 28 Des 2021 06:00 WIB
Paris Saint-Germains French forward Kylian Mbappe applauds as he leaves the pitch during the French L1 football match between Paris Saint-Germain (PSG) and AS Monaco (ASM) at the Parc des Princes stadium in Paris, on December 12, 2021. (Photo by FRANCK FIFE / AFP)
Kylian Mbappe jadi pemain terbaik versi Globe Soccer Awards 2021 (AFP/FRANCK FIFE)
Dubai -

Bukan Robert Lewandowski, Lionel Messi, atau Cristiano Ronaldo, yang dinobatkan sebagai pesepakbola terbaik oleh Globe Soccer Awards. Kylian Mbappe pemenangnya.

Globe Soccer Awards 2021 adalah ajang penghargaan yang digagas Asosiasi Klub Eropa (ECA) dengan Asosiasi Agen Pemain Eropa (EFAA). Tahun ini, gala penghargaan digelar di Dubai, Senin (27/12/2021) malam waktu setempat atau Selasa dini hari WIB.

Ini jadi tahun ke-12 penyelenggaraan award tersebut, yang tahun ini bertempat lagi di Dubai. Lewandowski, Messi, Ronaldo, dan Mbappe jadi kandida pemenang gelar pesepakbola terbaik.

Selain itu ada juga pesepakbola Liverpool Mohamed Salah dan kapten Real Madrid Karim Benzema. Setelah dilakukan voting, Mbappe akhirnya terpilih sebagai pemain terbaik.

Keberhasilan Mbappe membawa Timnas Prancis menjuarai UEFA Nations League dan jadi top scorer Ligue 1 dengan 27 gol adalah sebabnya.

"Merupakan kehormatan besar untuk saya bisa menang di Dubai. Pertama-tama saya ingin ucapkan selamat merayakan Tahun Baru untuk semua orang di sini. Saya merasa senang bisa melihat nama-nama top, legenda, tokoh besar sepakbola di sini," ujar Mbappe seperti dikutip National News.

"Ini pencapaian besar untuk saya, Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada klub saya Paris Saint-Germain yang sudah mempercayai saya selama lima tahun ini, bahkan untuk musim ini. Untuk tim nasional saya; untuk semua orang yang bekerja untuk saya, membantu saya; keluarga saya, mereka ada di sini dan selalu ada untuk saya," sambungnya.

"Luar biasa bisa berada di sini. Dan ini memotivasi saya selalu bekerja keras.

Kylian Mbappe jadi pemenang keempat award ini setelah Cristiano Ronaldo (6x), Lionel Messi (1x), dan Lewandowski (1x). Meski gagal jadi yang terbaik, Lewandowski tetap mendapatkan hadiah.

Mencetak 69 gol sepanjang tahun ini, Lewandowski dianugerahi gelar Maradona Award yang pertama kali diperkenalkan tahun ini. Selain itu, Lewandowski juga dinobatkan sebagai Tiktok Fans Player of The Year,

Klub terbaik tahun ini jadi milik Chelsea yang meraih double winners. Lalu, untuk penghargaan individu lainnya direbut penggawa Timnas Italia, seperti Gigi Donnarumma (kiper terbaik), Leonardo Bonucci (bek terbaik), Roberto Mancini (pelatih terbaik), dan juga timnas terbaik.

Ronaldo mendapat penghargaan berupa gelar top scorer sepanjang masa.

(mrp/ran)

ADVERTISEMENT