Piala Afrika 2021: Maroko Lolos ke 16 Besar, Senegal Tertahan

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 15 Jan 2022 06:50 WIB
Moroccos Zakaria Aboukhlal, left, with teammate Munir El Haddadi celebrates after scoring a goal,during the African Cup of Nations 2022 group C soccer match between Morocco and Comoros at the Ahmadou Ahidjo stadium in Yaounde, Cameroon, Friday, Jan. 14, 2022. (AP Photo/Themba Hadebe)
Maroko kalahkan Komoro untuk lolos ke 16 besar Piala Afrika 2021 (AP/Themba Hadebe)
Yaounde -

Maroko memastikan tiket ke babak 16 besar Piala Afrika 2021 usai mengalahkan Komoro 2-0. Sementara itu, Senegal diimbangi Guinea tanpa gol.

Pada pertandingan kedua Grup C yang dihelat di Stade Ahmadou Ahidjo, Jumat (14/1/2022) malam WIB, Maroko kembali menurunkan tim terbaiknya seperti Yassine Bounou, Roman Saiss, Achraf Hakimi, Adam Masina, Sofiane Boufal, dan Ayoub El Kaabi.

Menghadapi tim debutan, Maroko tampil dominan atas Komoro sejak menit awal. Hasilnya Maroko membuka keunggulan pada menit ke-16. Diawali sepakan El Kaabi yang membentur bek Komoro, bola muntah diambil Salim Amallah.

Amallah mengecoh satu pemain sebelum melepaskan sepakan keras ke pojok gawang Komoro. Setelah itu Maroko berupaya menambah gol tapi selalu sia-sia.

Maroko dominan dengan membuat 19 attempts, sembilan di antaranya mengarah ke gawang. Komoro tanpa punya satu pun shot on target dari total tujuh.

Maroko baru bisa menggandakan skor di menit ke-89 saat Zakaria Aboukhal mencatatkan namanya di papan skor. Kali ini Amallah yang memberikan umpan terobosan kepada Aboukhal yang bebas berasa di depan gawang dan mudah menceploskan ke gawang.

Gol sempat ditinjau VAR karena ada potensi offside tapi akhirnya disahkan, Maroko menang 2-0 sekaligus mengunci tiket ke babak 16 besar. Saat ini Maroko memuncaki Grup C dengan enam poin.

Perolehan poin tak mampu dikejar lagi Ghana yang berada di posisi ketiga dengan satu poin. Ghana sendiri cuma berimbang 1-1 kontra Gabon, Sabtu (15/1/2022) dini hari WIB.

Andre Ayew membawa Ghana memimpin 1-0 di menit ke-18 sebelum disamakan Jim Allevinah di menit ke-88! Ghana kini wajib mengalahkan Komoro di partai terakhir, sambil berharap Gabon kalah dari Maroko, untuk lolos ke 16 Besar Piala Afrika 2021.

Sebab Gabon ada di posisi kedua grup dengan empat poin. Sementara, pada pertandingan lainnya di Grup B, Senegal gagal melanjutkan tren kemenangan setelah berimbang 0-0 kontra Guinea.

Padahal Senegal tampil dominan dengan 10 attempts, dua di antaranya on goal dan Gabon cuma membuat lima attempts. Guinea ada di posisi teratas dengan empat poin, disusul Senegal dengan poin sama. Malawi di posisi ketiga dengan tiga poin dan Zimbabwe dengan nol poin tersingkir.

(mrp/raw)