Piala Afrika 2021: Pantai Gading Imbang, Aljazair Tumbang

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 17 Jan 2022 05:13 WIB
Algerias Youcef Atal, right, is challenged by Sierra Leones Kwame Quee during the African Cup of Nations 2022 group E soccer match between Algeria and Sierra Leone at the Japoma Stadium in Doula, Cameroon, Tuesday Jan. 11, 2022. (AP Photo/Sunday Alamba)
Ekuatorial Guinea kalahkan Aljazair 1-0 (AP/Sunday Alamba)
Japoma -

Pantai Gading gagal melanjutkan laju positifnya saat diimbangi Sierra Leone 2-2. Kejutan terjadi saat juara bertahan Piala Afrika Aljazair dikalahkan Ekuatorial Guinea 0-1.

Pada pertandingan kedua Grup E Piala Afrika 2021 yang dihelat di Stade Japoma, Minggu (16/1/2022) malam WIB, Pantai Gading punya kesempatan unggul di menit ke-12 ketika mendapat penalti.

Sayangnya, eksekusi Franck Kessie gagal jadi gol setelah diselamatkan kiper Sierra Leone Mohammed Kamara. Pantai Gading baru bisa mencetak gol pada menit ke-25 lewat penyerang andalannya Sebastian Haller.

Haller membuat gol pertamanya di turnamen ini usai melepaskan sepakan keras ke pojok kanan gawang, meneruskan umpan terobosan Wilfried Zaha. Skor berubah jadi 1-1 pada menit ke-55 ketika Musa Kamara melesakkan bola ke pojok kiri atas.

Pantai Gading yang tersentak lantas menyerang terus Sierra Leone dan berhasil unggul lagi di menit ke-65 lewat Nicolas Pepe. Pepe melesakkan gol cantik dengan tendangan yang tak kuasa dihalau Kamara.

Kemenangan Pantai Gading yang di depan mata sirna karena blunder kiper Badra Ali Sangare di menit ke-93! Alhaji Kamara dengan mudahnya mencocor bola ke gawang yang kosong.

Pantai Gading meski gagal menang masih kukuh di puncak klasemen Grup E dengan empat poin. Sementara itu, juara bertahan Aljazair masih belum bisa menang dan takluk 0-1 pada laga keduanya kontra Ekuatorial Guinea.

Masih di stadion yang sama, Aljazair yang tampil dominan lewat 69 persen ball possesion dan 13 kali membuat tembakan, gagal membuahkan gol. Ekuatorial Guinea menjebol jala Rais M'Bolhi di menit ke-70 berkat tembakan terukur Esteban Obiang.

Skor tersebut bertahan hingga laga usai dan Aljazair dalam masalah karena tertahan di posisi buncit dengan satu poin. Mereka wajib menang melawan Pantai Gading untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

Hasil pertandingan Grup F Piala Afrika 2021
Tunisia 4-0 Mauritania
Gambia 1-1 Mali

(mrp/rin)