Tanpa Juara Bertahan, Ini Negara di 16 Besar Piala Afrika 2021

Randy Prasatya - Sepakbola
Jumat, 21 Jan 2022 05:13 WIB
Ivory Coasts Franck Kessie, right, scores a goal as Algerias Youcef Atal looks on during the African Cup of Nations 2022 group E soccer match between Ivory Coast and Algeria at the Japoma Stadium in Douala, Cameroon, Thursday, Jan. 20, 2022. (AP Photo/Themba Hadebe)
Foto: AP/Themba Hadebe
Jakarta -

Piala Afrika 2021 telah menuntaskan perjalanan fase grup. Aljazair selaku juara bertahan babak belur dan ini 16 negara yang lolos ke fase gugur.

Dua pertandingan di Grup E berlangsung secara bersamaan, yakni Pantai Gading vs Aljazair dan Sierra Leon vs Equatorial Guinea. Duel tersebut berlangsung pada Kamis (20/1/2022) malam WIB.

Pantai Gading menghajar Aljazair di Douala Stadium dengan skor 3-1. Tim besutan Patrice Beaumelle memimpin 3-0 lewat Franck Kessie (22'), Ibrahim Sangare (39'), dan Nicolas Pepe (54').

Aljazair sempat mendapatkan hadiah penalti di menit ke-60. Riyad Mahrez, yang maju sebagai eksekutor gagal mencetak gol setelah bola menerpa tiang.

Gol Aljazair baru tercipta di menit ke-73 lewat Sofiane Bendebka. Hingga laga tuntas, skor 3-1 bertahan untuk kemenangan Pantai Gading.

Equatorial Guinea juga berhasil meraih kemenangan dari Sierra Leone 1-0 di Limbe Omnisport Stadium. Gol kemenangan tercipta di menit ke-38 lewat Pablo Ganet Comitre.

Hasil ini membuat Pantai Gading ke 16 besar sebagai juara Grup E Equatorial Guinea mendampingi dengan status runner-up usai mengoleksi enam poin.

Aljazair mendapat pukulan telak. Sebagai juara bertahan cuma duduk di urutan buncit dengan satu poin dan mencetak satu gol, berada di bawah Sierra Leone dengan dua poin.

Grup F mengirim tiga wakil untuk ke 16 besar. Mali berhasil menjadi juara grup setelah mengalahkan Mauritania 2-0 di Douala Stadium, Jumat (21/1/2022) dini hari WIB.

Gambia menjadi runner-up setelah mengalahkan Tunisia 1-0 di Limbe Omnisport Stadium. Gol kemenangan tercipta di injury time lewat Ablie Jallow.

Mali menjadi juara Grup F dengan tujuh poin. Gambia di posisi runner-up setelah kalah selisih gol dan Tunisia berhak melaju setelah menduduki peringkat ketiga di klasemen tim tiga terbaik.

Grup A juga mengirim tiga wakil ke fase gugur. Kamerun selaku tuan rumah menjadi juara grup, Burkina Faso runner-up, dan Cape Verde mengambil slot usai memuncaki klasemen tim tiga terbaik.

Grup B ada Senegal selaku juara grup, Guinea runner-up, dan Malawi lolos lewat kategori tim peringkat tiga terbaik. Grup C mengirimkan Maroko, Gabon, dan Comoros. Grup D ada Nigeria dan Mesir.

16 kontestan di fase gugur Piala Afrika:

Piala Afrika 2021Piala Afrika 2021 Foto: Wikipedia


Simak Video "Hadapi Ancelotti di Final Liga Champions, Klopp: Dia Panutan"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/pur)