Piala Afrika: Senegal & Maroko Juara Grup

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Rabu, 19 Jan 2022 06:33 WIB
Senegals Kalidou Koulibaly, vies for the ball with Malawis John Banda, left, during the African Cup of Nations 2022 group B soccer match between Malawi and Senegal at the Kouekong Stadium, Bafoussam, Cameroon, Tuesday, Jan. 18, 2022. (AP Photo/Sunday Alamba)
Senegal lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2021 sebagai juara grup. (Foto: AP/Sunday Alamba)
Jakarta -

Senegal dan Maroko memastikan diri lolos sebagai juara grup di Piala Afrika 2021. Guinea dan Gabon mendampingi masing-masing tim lolos ke babak 16 besar.

Senegal memastikan diri menjuarai Grup B setelah berimbang 0-0 kontra Malawi, Selasa (18/1/2022) malam WIB. Di saat yang sama, Zimbabwe menang 2-1 atas Guinea.

Gol-gol dari Knowledge Musona dan Kudakwashe Mahachi hanya mampu dibalas sekali Guinea lewat Naby Keita. Kemenangan itu sendiri tak berpengaruh banyak buat Zimbabwe, yang dipastikan finis sebagai juru kunci dengan tiga poin.

Tapi hasil itu mencegah Guinea merebut posisi juara Grup B. Mereka tertahan di posisi dua dengan empat poin, sementara Senegal lolos ke babak 16 besar dengan lima poin.

Di Grup C, Maroko memastikan jadi juara grup dengan hasil imbang 2-2 kontra Gabon. Gabon sempat dua kali memimpin lewat Jim Allevinah dan gol bunuh diri Nayef Aguerd, namun Maroko dua kali pula membalas berat penalti Sofiane Boufal dan Achraf Hakimi.

Di pertandingan lainnya, Comoros meraih kemenangan 3-2 atas Ghana. Gol Ben Nabouhane dan sepasang lainnya dari Ahmed Mogni memberikan kemenangan pertama Comoros di Piala Afrika 2021, dengan Ghana mendapatkan gol dari Richmond Boakye dan Alexander Djiku.

Maroko memenangi Grup C dengan tujuh poin disusul Gabon yang mengoleksi lima poin. Comoros menutup fase grup dengan tiga poin dan Ghana yang cuma memetik satu poin menjadi juru kunci.



Simak Video "Rayan Bocah Maroko Trending di Twitter, Netizen Berduka"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/ran)