Drama VAR 2 Kali Selamatkan Alisson dari Kartu Merah

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Jumat, 28 Jan 2022 10:22 WIB
Brazils goalkeeper Alisson and Ecuadors Enner Valencia battle for the ball during a qualifying soccer match for the FIFA World Cup Qatar 2022 at Casa Blanca stadium in Quito, Ecuador, Thursday, Jan. 27, 2022. (Santiago Arcos/Pool via AP)
Alisson Becker selamat dari dua kartu merah kala Brasil menghadapi Ekuador. (Foto: AP/Santiago Arcos)
Jakarta -

Momen menarik terjadi di laga Ekuador vs Brasil. Kiper timnas Brasil Alisson Becker dua kali diselamatkan Video Assistant Referee (VAR) dari kartu merah.

Duel Ekuador vs Brasil berlangsung di Stadion Olimpico Atahualpa, Jumat (28/1/2022) dini hari WIB, dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Laga yang berakhir imbang 1-1 ini berjalan sengit dengan diwarnai dua kartu merah.

Gol cepat Casemiro di menit keenam dibalas tuan rumah melalui Felix Torres pada menit ke-75. Padahal Ekuador sudah kehilangan pemain di menit ke-15, ketika Alexander Dominguez dikartu merah langsung akibat melanggar Matheus Cunha.

Brasil menyusul bermain dengan 10 pemain pada menit ke-20 saat Emerson Royal menerima kartu kuning kedua. Yang lebih menarik, Brasil seharusnya kehilangan satu pemain lagi pada menit ke-25.

Alisson Becker yang berupaya menyapu bola, tak jauh di depan kotak penalti, mengangkat kakinya tinggi. Ia memang mengenai bola lebih dulu, tapi kakinya kemudian mendarat di kepala Enner Valencia.

Wasit langsung mengacungkan kartu merah untuk kiper Liverpool tersebut. Tapi Video Assistant Referee (VAR) mengintervensi dan memanggil wasit untuk meninjau kejadian tersebut, hingga pada akhirnya kartu merah itu diganti menjadi kartu kuning.

Insiden lainnya melibatkan Alisson terjadi di masa injury time. Kiper 29 tahun itu dianggap memukul Ayrton Preciado di dalam kotak penalti dalam perebutan bola 50-50. Wasit mulanya memberikan kartu kuning kedua, yang otomatis disusul kartu merah, dan menghadiahkan penalti buat Ekuador.

Nah, lagi-lagi VAR melakukan intervensi. Kartu kuning dan pelanggaran itu dianulir karena Alisson dinilai lebih dulu menyapu bola, sebelum tangannya mengenai kepala pemain Ekuador.

Perubahan keputusan itu menyelamatkan Brasil dari penalti yang berpotensi membuat mereka pulang dengan kekalahan. Kendati hasil apapun tak lagi memengaruhi mereka mengingat mereka sudah dipastikan lolos sebelumnya.

Tapi setidaknya itu menjaga catatan Selecao. Brasil belum terkalahkan sejauh ini di Kualifikasi Piala Dunia 2022, dengan 11 kemenangan dan tiga hasil imbang di 14 pertandingan.



Simak Video "Kerusuhan di Penjara Ekuador, 12 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/cas)