Xherdan Shaqiri Tinggalkan Eropa, Hijrah ke MLS

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 10 Feb 2022 03:15 WIB
Lyons Swiss midfielder Xherdan Shaqiri drives the ball during the French L1 football match between Paris-Saint Germain (PSG) and Olympique Lyonnais at The Parc des Princes Stadium in Paris on September 19, 2021. (Photo by Alain JOCARD / AFP)
Xherdan Shaqiri tinggalkan Lyon dan gabung Chicago Fire (AFP/ALAIN JOCARD)
Chicago -

Xherdan Shaqiri menyudahi kariernya di sepakbola Eropa. Shaqiri baru saja meninggalkan Lyon untuk main di klub Amerika Serikat Chicago Fire.

Shaqiri sejatinya baru pindah ke Lyon musim panas lalu setelah dibeli dari Liverpool. Meski bukan pilihan utama pelatih Peter Bosz, Shaqiri masih bisa menorehkan dua gol dan tiga assist.

Cedera jadi alasan mengapa Shaqiri sulit bersinar di Lyon sejauh ini. Memasuki paruh kedua musim ini, Shaqiri rupanya mendapat tawaran untuk berkarier di Major League Soccer (MLS).

Adalah Chicago Fire yang mendekati Shaqiri dan bak gayung bersambut, si pemain Swiss itu juga tertarik merumput di sana. Setelah melalui proses negosiasi yang cepat, Shaqiri akhirnya diresmikan sebagai pemain Fire per Kamis (10/2/2022) dini hari WIB.

Fire membeli Shaqiri dengan banderol 7 juta euro dan dikontrak hingga 30 Desember 2024. Shaqiri akan langsung terbang ke Chicago untuk mengurus kepindahannya.

"Kami sangat senang bisa menyambut dengan resmi kedatangan Xherdan Shaqiri ke Fire. Xherdan adalah pemain yang bisa mengubah laga dan bisa memberikan kebahagiaan untuk suporter kami serta kota Chicago," ujar Direktur Olahraga Fire Georg Heitz yang dikutip ESPN.

"Sebagai salah satu atlet Swiss terbaik di generasinya, Xherdan gabung dengan kami di momen penting untuk klub dan kami yakin dengan target kami. kami tak sabar untuk menyambut dia dan keluarganya secepatnya di Chicago."

Xherdan Shaqiri pertama kali belajar bola di FC Basel dan memulai karier profesionalnya di klub itu pada 2009, sebelum pindah ke Bayern Munich, Inter Milan, Stoke City, Liverpool, dan terakhir Lyon.

Dia punya dua gelar Liga Champions, saat memperkuat Bayern dan Liverpool. Bisakah Shaqiri mengulanginya bersama Chicago Fire di MLS? Kita tunggu saja.

(mrp/ran)